Serupa dan Sama: Lagu-lagu Nomor Satu dengan Penyanyi Berbeda


Menurut sejarah, majalah Billboard mulai memublikasikan tangga lagu sejak tahun 1958 yang dikenal sebagai Billboard Hot 100. Selain itu, juga dikenal tangga album yand dikenal dengan nama Billboard 200. Selama hampir 55 tahun, sudah ribuan lagu yang keluar masuk tangga lagu Billboard Hot 100. Beberapa di antaranya adalah lagu yang dinyanyikan ulang oleh penyanyi lain. Lagu-lagu yang dinyanyikan ulang dan masuk Billboard Hot 100 cukup banyak, namun hanya 9 lagu yang dinyanyikan ulang menduduki posisi pertama lebih dari satu kali. Berikut ini adalah lagu-lagu tersebut:

  1. Go Away Little Girl (Steve Lawrence/Donny Osmond)
    Lagu ini ditulis Gerry Goffin dan Carole King dan dinyanyikan pertama kali oleh Steve Lawrence. Versi Lawrence menduduki posisi satu selama dua minggu di Billboard Hot 100 pada bulan Januari 1963. Donny Osmond menyanyikan ulang lagu ini, yang kembali menduduki posisi pertama selama tiga minggu di bulan September 1971. Selain keduanya, lagu ini juga pernah dinyanyikan oleh The Happenings (nomor 12 di tahun 1966) dan Marc Wynter (nomor 6 di Inggris pada tahun 1962).

  2. I’ll Be There (The Jackson 5/Mariah Carey)
    Lagu ini ditulis oleh Berry Gordy, Bob West, Hal Davis, dan Willie Hutch untuk The Jackson 5. Versi The Jackson 5 menduduki posisi pertama selama lima minggu di bulan Oktober – November 1970 dan terjual 6,1 juta kopi. Mariah Carey menyanyikan lagu ini bersama Trey Lorentz pada acara MTV Unplugged di tahun 1992. Versi Carey menduduki posisi pertama di bulan Juni 1992.
  3. Lady Marmalade (LaBelle/Christina Aguilera, Lil Kim, Mya, Pink)
    Lagu ini ditulis oleh Bob Crewe dan Kenny Nolan untuk grup vokal LaBelle. Versi LaBelle menduduki posisi pertama selama sepekan di bulan Maret 1975. Girlband Inggris, All Saints, menyanyikan ulang lagu ini di tahun 1998 danberhasil menduduki posisi pertama tangga lagu Inggris. Pada tahun 2001, film musikal Moulin Rouge! memasukkan lagu ini sebagai salah satu soundtrack-nya. Christina Aguilera, Lil Kim, Mya, dan Pink menyanyikan bersama lagu ini dalam album soundtrack film tersebut Versi ini menduduki posisi pertama selama lima minggu di bulan Juni 2001, selain menduduki posisi pertama di Inggris selama dua minggu.
  4. Lean on Me (Bill Withers/Club Noveau)
    Lagu ini ditulis oleh Bill Withers untuk album keduanya, Still Bill (1972). Lagu ini berhasil menduduki posisi pertama selama tiga minggu di bulan Juli 1972. Club Noveau menyanyikan ulang lagu ini di tahun 1987 dan membawanya kembali menduduki posisi pertama selama dua minggu di bulan Maret 1987.
  5. The Loco-Motion (Little Eva/Grand Funk)
    Satu lagi hasil karya Gerry Goffin dan Carole King di tahun 1962 untuk Eva Boyd, yang lebih dikenal dengan nama Little Eva, yang waktu itu bekerja sebagai babysitternya. Versi Eva menduduki posisi pertama selama satu minggu di bulan Agustus 1962 dan nomor dua di Inggris. Grup rock, Grand Funk (Railroad) menyanyikan ulang lagu dan membawanya kembali ke posisi pertama selama dua minggu di bulan Mei 1974. Kylie Minogue menyanyikan ulang lagu ini di tahun 1987 dan sukses membawanya menduduki posisi pertama di Australia, sebelum merilisnya di Inggris dan Amerika pada tahun 1988. Versi Kylie menduduki posisi kedua di Inggris dan ketiga di Amerika.
  6. Please Mr. Postman (The Marvelettes/Carpenters)
    Lagu ini ditulis oleh Georgia Dobbins, William Garrett, Freddie Gorman, Brian Holland, dan Robert Bateman. Dobbins waktu itu tergabung dalam grup The Marvelettes dan membutuhkan lagu untuk audisi di Motown, menerima lagu ini dari temannya, Garrett. Dobbins keluar setelah audisi, maka Berry Gordy kemudian menugaskan Holland, Gorman, dan Bateman untuk memperbaiki lagu ini. Versi The Marvelettes menduduki posisi pertama selama satu minggu di bulan Desember 1961. The Beatles merekam lagu ini untuk album kedua mereka, With The Beatles (1963). Duo Carpenters menyanyikan ulang lagu ini di tahun 1974 dan berhasil membawanya kembali menduduki posisi pertama selama satu minggu di bulan Januari 1975.
  7. Venus (The Shocking Blue/Bananarama)
    Lagu ini ditulis oleh Robin van Leeuwen dari band asal Belanda, The Shocking Blue. Lagu ini menduduki posisi pertama pada bulan Februari 1970 selama satu minggu. Grup vokal asal Inggris, Bananarama, menyanyikan ulang lagu ini bersama trio produser Stock, Aitken &  Waterman. Versi Bananarama menduduki posisi pertama selama satu minggu di bulan September 1986.
  8. When a Man Loves a Woman (Percy Sledge/Michael Bolton)
    Lagu ini ditulis oleh Percy Sledge, namun kredit penulisannya diberikan kepada Calvin Lewis dan Andrew Wright, yang merupakan dua musisi pengiringnya. Lagu ini menduduki posisi pertama selama dua minggu di bulan Mei 1966. Michael Bolton merekam ulang lagu ini dan membawanya kembali ke puncak tangga lagu Amerika selama seminggu di bulan November 1991.
  9. You Keep Me Hangin’ On (The Supremes/Kim Wilde)
    Lagu ini ditulis oleh Brian Holland, Lamont Dozier, dan Eddie Holland untuk The Supremes di tahun 1966. Lagu ini menduduki posisi pertama selama dua minggu di bulan November 1966. Band psychedelic Vanilla Fudge merilis ulang lagu ini sebagai single pertama mereka di tahun 1967. Kim Wilde membawa lagu ini kembali ke posisi puncak tangga lagu Amerika selama satu minggu di bulan Juni 1987. Reba McEntire membawa lagu ini ke posisi kedua Billboard Hot Dance Play di tahun 1996.
About these ads

One thought on “Serupa dan Sama: Lagu-lagu Nomor Satu dengan Penyanyi Berbeda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s