Posted in Musik

Back to Asia


Bagi yang bertanya-tanya, Asia adalah supergrup rock yang dibentuk tahun 1981 dengan formasi: John Wetton (vokal, bass), Steve Howe (gitar), Geoff Downes (keyboard), dan Carl Palmer (drum). Disebut supergrup karena masing-masing anggotanya pernah menjadi anggota grup progressive rock besar dekade 70-an. Wetton adalah anggota King Crimson, Howe dari Yes, Downes dari The Buggles dan juga Yes, serta Palmer dari ELP. Mereka mencetak sukses dengan album perdana mereka, Asia (1982) yang menjadi nomor satu di Amerika, dan hit Heat of the Moment yang masuk top 5 di Billboard.

Mereka tak pernah mengulangi kesuksesan itu, bahkan konflik terjadi di antara anggotanya hingga puncaknya pada tahun 1985 formasi ini pecah. Tahun 1989 mereka sempat mengadakan reuni, namun tak bertahan lama. Downes kemudian meneruskan Asia dengan musisi John Payne sampai tahun 2005. Formasi terakhir mereka adalah John Payne (vokal, bass), Geoff Downes (keyboard), Guthrie Govan (gitar), dan Chris Slade (drum).

Tahun 2006, Asia kembali pecah, dengan Downes bergabung kembali bersama Wetton, Howe, dan Palmer dalam formasi awal Asia. Ketiga personel lainnya membentuk GPS bersama pemain keyboard grup Spock’s Beard, Ryo Okumoto. Perpisahan ini ditandai dengan pemisahan dua periode Asia, era Wetton (1981-1989) dan era Payne (1990-2005). Situs asiaworld.org yang semula menjadi situs resmi Asia, kini di-redirect ke situs resmi GPS. Situs Asia yang baru adalah theasiawebsite.com. Dalam situs ini, era Payne tidak disebut-sebut sama sekali dalam sejarah dan diskografi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s