Posted in Musik

Sukiyaki


LaWiki Page

Bagi yang pertama kali mendengar lagu Sukiyaki yang dinyanyikan oleh grup 4PM tentu bertanya-tanya, ini lagu kok nggak nyambung sama sekali dengan judulnya. Memang, lagu ini tidak pernah nyambung dengan judulnya, karena lagu aslinya berbahasa Jepang dan judulnya pun bukan Sukiyaki. Bingung? Mari kita simak cerita di bawah ini:

Berawal dari lagu berjudul “Ue o muite arukō” (artinya kira-kira: Melihat ke Atas Saat Berjalan) yang dinyanyikan oleh Kyu Sakamoto di tahun 1961. Tahun 1963, sebuah cover version yang dinyanyikan oleh Kenny Ball and His Jazzmen dirilis di Inggris dengan judul Sukiyaki. Judul itu dipilih karena singkat, mudah diingat, dan identik dengan Jepang. Judul yang asli, bahkan setelah diterjemahkan ke Bahasa Inggris (Look Up While Walking) dianggap terlalu panjang dan kurang ‘komersial’. Judul Sukiyaki dipertahankan saat Capitol Records merilis versi aslinya di Amerika, yang berhasil menjadi nomor satu di bulan Juni 1963. Sebuah prestasi yang belum terulang.

Sejak itu, berbagai versi Bahasa Inggris lagu ini muncul dengan mengganti keseluruhan lirik namun tetap mempertahankan melodi dan judulnya. Beberapa versi yang terkenal antara lain dibawakan oleh kelompok Blue Diamonds, A Taste of Honey (no. 3 di tahun 1981), dan kelompok 4PM (no. 8 di tahun 1995). Versi 4PM menggunakan lirik yang sama dengan versi A Taste of Honey.

Kyu Sakamoto sendiri meninggal dalam kecelakaan pesawat terbang JAL 123 di Gunma pada tanggal 12 Agustus 1985 dalam usia 43 tahun. Sebanyak 520 orang tewas dalam kecelakaan itu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s