Posted in Musik

Unchained Melody


LaWiki Page

Satu lagi lagu yang nggak nyambung dengan judulnya. Unchained Melody adalah salah satu lagu terpopuler di dunia, menurut situs All Music Guide telah direkam 697 kali. Versi yang paling terkenal dibawakan oleh The Righteous Brothers pada tahun 1965 dan semakin populer setelah menjadi lagu tema film Ghost di tahun 1990. Namun tahukah Anda bahwa lagu ini aslinya ditulis oleh Alex North dan Hy Zaret untuk film berjudul Unchained di tahun 1955. dari situlah judul lagu ini berasal. Lagu ini bahkan berhasil masuk nominasi lagu asli terbaik pada Academy Award (Oscar) tahun 1955.

Namun, tak dipungkiri, The Righteous Brothers-lah yang memopulerkan lagu ini saat merekamnya di tahun 1965. Diproduksi oleh Phil Spector, lagu ini mencapai posisi nomor 4 di Billboard Pop Chart. The Righteous Brothers terdiri atas dua vokalis, Bill Medley dan Bobby Hatfield, namun lagu ini hanya dinyanyikan oleh Hatfield. Film Ghost (1990) memopulerkan lagu ini kembali, konon lagu ini sudah diputuskan menjadi soundtrack sebelum judul film ditentukan, sehingga film ini sempat akan diberi judul Unchained Melody. Lagu ini dirilis ulang, dan menduduki posisi pertama di Inggris, dan nomor 19 di Amerika.

Uniknya lagi, lagu ini pernah menjadi nomor satu di Inggris empat kali. Di tahun 1955 oleh Jimmy Young, tahun 1990 oleh The Righteous Brothers, tahun 1995 oleh Robson & Jerome, dan tahun 2002 oleh Gareth Gates. Berbagai versi lagu ini direkam antara lain oleh Elvis Presley, U2, Sarah McLachlan, Roy Orbison, Barry Manilow, Cyndi Lauper, Leann Rimes, Air Supply, Il Divo, Joni Mitchell, dan salah satu versi yang unik oleh The Manhattan Transfer yang menyanyikannya dalam aransemen cepat ala drumband.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s