Posted in Musik

a-ha…Kami pun Bubar!


Setelah grup musik Toto membubarkan diri, satu lagi band era 80-an, a-ha, mengumumkan pembubaran dirinya pada tanggal 15 Oktober 2009. Trio asal Norwegia yang dibentuk tahun 1982 ini melejit lewat hit Take on Me, yang menduduki posisi puncak di Amerika di tahun 1985. Video musiknya yang menggunakan teknik animasi “sketsa pensil” ini sempat menguasai MTV dan memborong 6 penghargaan MTV Video Music Award 1985. HIt kedua mereka, The Sun Always Shines on TV, menduduki posisi puncak di Inggris dan masuk Top 20 di Amerika. Sempat menghilang sejak merilis album Memorial Beach (1993), mereka kembali di tahun 2000 lewat album Minor Earth | Major Sky. Walaupun tidak lagi sepopuler di era 80-an, terutama di Amerika, a-ha tetap eksis di Eropa, Amerika Latin, dan Asia. Album terakhir mereka, Foot of the Mountain (2009) mengembalikan mereka ke Top 10 di Inggris, menduduki posisi kelima.
Disinyalir, perbedaan visi musikal antara Paul Waaktar-Savoy (gitar) dan Morten Harket (vokal) bersama Magne Furuholmen (kibor) memicu keputusan pembubaran ini. Sebelum resmi membubarkan diri akhir tahun depan, a-ha akan mengadakan tur dunia perpisahan selama 13 bulan yang ditutup dengan konser di Oslo, Norwegia pada tanggal 3 dan 4 Desember 2010.

UPDATE: Karena “tergoda” oleh tawaran manggung di Rock in Rio 2015, a-ha akhirnya bereuni, merilis album baru berjudul Cast in Steel dan melakukan tur. Apakah reuni ini akan terus berlanjut masih belum bisa dipastikan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s