Posted in Musik

Patti Smith vs Patty Smyth


Memang agak repot jika mempunyai nama yang sama atau sangat mirip dengan orang lain. Jangankan nama lengkap, sekadar nama panggilan yang sama pun bisa menimbulkan kerepotan. Bagaimana jika nama yang mirip itu sama-sama penyanyi rock terkenal? Di dunia musik internasional kita mengenal beberapa nama yang mirip seperti Roger Taylor yang merupakan pemain drum di grup Queen dan juga nama pemain drum grup Duran Duran! Kali ini ditampilkan dua lady rocker yang namanya sangat mirip bahkan sempat membuat Penulis sempat menganggap keduanya orang yang sama.

Patti Smith, terlahir dengan nama Patricia Lee Smith pada tanggal 30 Desember 1946 dikenal sebagai The Godmother of Punk karena perannya dalam pergerakan Punk Rock di New York pada tahun 1975. Ia membentuk Patti Smith Group pada tahun 1974 bersama gitaris Lenny Kaye. Hitnya yang paling terkenal adalah Because the Night dari album Easter (1978), yang ditulis oleh Bruce Springsteen dan pernah dipopulerkan kembali oleh grup 10,000 Maniacs di tahun 1993. Patti menghilang dari dunia musik di tahun 1980 setelah menikah dengan Fred “Sonic” Smith (konon dia bersedia menikah dengan Fred Smith karena ia tak perlu mengganti nama keluarganya!) dan mempunyai dua anak. Suaminya meninggal di tahun 1994 dia pun kembali ke dunia musik. Tahun 1996, ia mengisi suara latar untuk hit singel dari grup R.E.M. E-Bow the Letter (Dari album New Adventures in Hi-Fi). Patti Smith masuk Rock ‘n’ Roll Hall of Fame di tahun 2007.

Sedangkan Patty Smyth dilahirkan 26 Juni 1957 mengawali karier musiknya sebagai vokalis grup Scandal di tahun 1981-1984. Setelah Scandal bubar, ia bersolo karier di tahun 1987, dan mencetak hit-hit seperti Sometimes Love Just Ain’t Enough (duet dengan Don Henley), No Mistakes, dan Look What Love Has Done di dekade 90-an. Ia menikah dengan petenis John McEnroe dan memiliki dua anak, ditambah tiga anak McEnroe dari hasil pernikahannya dengan Tatum O’Neal dan satu anak dari hasil hubungannya dengan musisi Richard Hall. Pada tahun 2005, Scandal bereuni dan mengadakan tur. Konon, Eddie van Halen sempat mempertimbangkannya sebagai vokalis Van Halen menggantikan David Lee Roth saat yang bersangkutan dipecat di tahun 1985.

2 thoughts on “Patti Smith vs Patty Smyth

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s