Posted in Musik

Red, Simply Red


Simply Red adalah band beraliran soul dari Inggris yang mengawali kariernya sejak tahun 1983. Mick Hucknall, sang vokalis, adalah satu-satunya anggota pendiri yang masih tersisa.Bahkan, banyak yang beranggapan bahwa Simply Red hanya beranggotakan Mick Hucknall seorang. Anggapan yang tidak bisa sepenuhnya disalahkan, karena wajah Hucknall-lah yang sering tampil di sampul album-album Simply Red dan juga dalam video klipnya. Selain itu, nama grup ini pun adalah julukan bagi Hucknall yang berambut merah, “Red” dalam bahasa Inggris. Pada suatu pertunjukan di awal kariernya, seorang manajer pertunjukan menanyakan nama grup ini kepada Hucknall, yang dijawabnya, “Red. Simply (maksudnya cuma) Red”. Manajer tersebut salah sangka, dan menuliskan nama “Simply Red” pada poster pertunjukan. Nama itu pun akhirnya tetap dipakai sampai saat ini.

Simply Red mencetak sukses lewat lagu Holding Back the Years, yang sebelumnya sempat dirilis di bawah grup Frantic Elevators, dan menduduki posisi pertama di tangga lagu Amerika pada tahun 1986. Lagu If You Don’t Know Me by Now (cover version dari lagu Harold Melvin) dari album ketiga mereka, A New Flame (1989), menjadi hit terbesar Simply Red dan menjadi signature song mereka. Lagu ini menjadi hit nomor satu mereka yang kedua di Amerika. Simply Red pun menjadi superstar, yang membuat Hucknall menjadi selebriti, yang sempat mengganggu personel lainnya. Di tahun 1991 Hucknall bahkan pernah menyatakan bahwa Simply Red adalah pada intinya sebuah proyek solo.

Simply Red merilis album Stars di tahun 1991, yang menjadi album terlaris mereka, mencapai sertifikasi 12 kali platinum di Inggris dengan hit top 10 seperti Something Got Me Started, Stars, dan For Your Babies. Album Life (1995) melanjutkan sukses Stars dengan hit Fairground yang mencapai nomor satu di Inggris. Simply Red terus mencetak album dan hit hingga kini meskipun tidak lagi sesukses pencapaian mereka sebelumnya. Setelah 25 tahun berkarier, Mick Hucknall mengumumkan pembubaran grup ini, ditandai dengan tur peripsahan selama dua tahun, 2009 hingga 2010 yang salah satunya mampir di Indonesia. Beberapa hit mereka lainnya adalah: You Make Me Feel Brand New, Say You Love Me, The Air That I Breathe, dan Sunrise.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s