Posted in Musik

R.I.P: Utha Likumahuwa


Indonesia kembali kehilangan salah satu seniman terbaiknya, Doa Putra Ebal Johan Likumahuwa, atau yang lebih dikenal dengan nama Utha Likumahuwa, yang meninggal di Jakarta pada tanggal 13 September 2011.Utha, yang juga adik kandung musisi Benny Likumahuwa (The Rollies) ini dilahirkan pada tanggal 1 Agustus 1955 dan mulai mengibarkan namanya di dunia musik Indonesia saat menyanyikan lagu Tembang Pribumi dalam album Lomba Cipta Lagu Remaja Prambors 1981. Sejak itu, nama Utha seolah tidak pernah hilang dari percaturan musik Indonesia. Mulai album solo, duet, kolaborasi (keroyokan) sampai festival lagu selalu ada namanya.

Dari album solonya terlahir hit seperti: Esok Kan Masih Ada, Gayamu, Aku Pasti Datang, Aku Tetap Cinta, Puncak Asmara, dan Untuk Apa Lagi. Sedangkan yang berupa duet dan kolaborasi anatra lain: Mungkinkah Terjadi dan Kisah Kehidupan (dengan Trie Utami), Percayalah dan Maafkan Kasih (dengan Vonny Sumlang), Kekagumanku (Miracle) (bersama Fariz RM dan Mus Mujiono), dan Cinta di Jalan Ilahi (dengan Louise Hutauruk). Di ajang festival, Utha antara lain menyanyikan Sesaat Kau Hadir (Festival Lagu Populer Indoneisa 1987), Sejuta Mimpiku (Lomba Cipta Lagu Remaja Prambors 1988-89), dan Kusadari (Festival Lagu Populer Indonesia 1990). Nama Utha juga tercantum dalam album-album musisi seperti Dodo Zakaria (Akira), Oddie Agam (Beri Setengah Saja), dan Emerald (Cemas).

Nama Utha Likumahuwa perlahan menghilang mulai tahun 1990-an, dan akhirnya penyakit stroke, diabetes, dan gangguan jantung menaklukkannya. Dia pun telah dipanggil menghadap Sang Pencipta. Selamat Jalan, Bang Utha, kami tak kan melupakanmu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s