Posted in Musik

Whitney Houston (1963 – 2012), We Will Always Love You…


Whitney Elizabeth Houston, dilahirkan pada 9 Agustus 1963 di New Jersey, USA. Ibunya, Cissy Houston, adalah seorang penyanyi soul, dan tantenya, Dionne Warwick, adalah seorang penyanyi yang terkenal pada masanya (salah satu lagunya yang paling dikenal adalah That’s What Friends Are for, berkolaborasi dengan Stevie Wonder, Elton John, dan Gladys Knight). Aretha Franklin, yang dijuluki Queen of Soul adalah ibu permandiannya, jadi Whitney seolah terlahir sebagai seorang penyanyi. Suara mezzo-sopranonya seolah mampu menaklukkan lagu apapun. Whitney mengawali kariernya pada usia muda.  Tahun 1978, ia mengisi vokal latar untuk single Chaka Khan, I’m Every Woman (yang kemudian dinyanyikannya ulang dalam album soundtrack film The Bodyguard). Ia kemudian juga mencoba terjun ke dunia modeling. Tahun 1983, Arista Records mengontraknya dan setahun kemudian ia tampil sebagai bintang tamu untuk album Teddy Pendergrass untuk lagu Hold Me. Bulan Februari 1985, album solo perdananya, Whitney Houston, dirilis. Album ini mencetak tiga hit nomor satu: Saving All My Love for You, How Will I Know, dan Greatest Love of All serta memenangkan Grammy Award untuk penampilan pop wanita terbaik.

Album keduanya, Whitney (1987), bahkan lebih sukses lagi, mencetak empat hit nomor satu: I Wanna Dance with Somebody, Didn’t We Almost Have It All, So Emotional, dan Where Do Broken Hearts Go?, membuatnya menjadi artis pertama yang mencetak tujuh hit nomor satu di Amerika Serikat secara berturut-turut dan artis wanita pertama yang mencetak empat hit nomor satu dari satu album (sebelum disamai Mariah Carey dan Janet Jackson). Whitney juga memenangkan Grammy Award keduanya untuk penampilan pop wanita terbaik. Di tahun 1988, Whitney merekam lagu One Moment in Time untuk Olimpiade Musim Panas di Seoul, Korea Selatan.

Album ketiganya, I’m Your Baby Tonight (1990) tidak sesukses dua album sebelumnya, namun masih mampu mencetak dua hit nomor satu: I’m Your Baby Tonight dan All the Man That I Need. Memasuki dekade 90-an, Whitney mulai memasuki dunia film. Film perdananya, The Bodyguard (1992) yang dibintanginya bersama Kevin Costner menjadi box-office hit dan album soundtracknya terjual 44 juta kopi di seluruh dunia dan menjadi album soundtrack terlaris sepanjang masa, mengalahkan soundtrack film Saturday Night Fever dan Dirty Dancing. Lagu I Will Always Love You, yang ditulis dan dinyanyikan oleh Dolly Parton di tahun 1974, menjadi hit nomor satu selama 14 minggu, rekor terlama saat itu (sebelum dipecahkan Mariah Carey/Boyz II Men dengan lagu One Sweet Day). Whitney kemudian membintangi dan menyanyikan lagu tema untuk film Waiting to Exhale (1995) (yang melejitkan hit nomor satu Exhale (Shoop Shoop)) dan The Preacher’s Wife (1997). Whitney berduet dengan Mariah Carey dalam lagu When You Believe, yang menjadi lagu tema film Disney The Prince of Egypt (1998). Di tahun yang sama, Whitney merilis album keempatnya, My Love Is Your Love.

Whitney merilis album kompilasi, Whitney: The Greatest Hits (2000) yang berisi lagu-lagu hitnya dtambah empat lagu baru. Sepanjang ahun 2000-an Whitney hanya merilis dua album: Just Whitney (2002) dan I Look to You (2009). Sepanjang dekade ini, Whitney banyak menghadapi masalah, terutama dengan narkoba dan masalah rumah tangga dengan suaminya, Bobby Brown yang dinikahinya di tahun 1992. Pasangan ini akhirnya berpisah di tahun 2007. Saat album terakhirnya dirilis, nampak jelas bahwa pengaruh obat-obatan ini telah merusak asetnya yang paling berharga: suara emasnya, dan juga semua yang dihasilkan selama karier menyanyinya. Pada tanggal 11 Februari 2012, Whitney Houston ditemukan sudah tak bernyawa di Beverly Hilton Hotel di Beverly Hills, California. Sebelum meninggal, Whitney telah menyelesaikan syuting film terbarunya, Sparkle. Ia meninggalkan seorang putri. Selamat jalan, Whitney, terima kasih atas lagu-lagu yang telah kaubawakan dengan suara emasmu, yang akan tetap abadi di telinga dan hati kami semua. We will always love you…

Diskografi:

  • Whitney Houston (1985)
  • Whitney (1987)
  • I’m Your Baby Tonight (1989)
  • OST – The Bodyguard (1992)
  • OST – The Preacher’s Wife (1997)
  • My Love Is Your Love (1998)
  • Whitney: The Greatest Hits (2000)
  • Love, Whitney (2001)
  • Just Whitney (2002)
  • One Wish: the Holiday Album (2003)
  • The Ultimate Collection (2007)
  • I Look to You (2009)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s