Posted in Musik

These Ain’t Love Songs


Yep, Bon Jovi mungkin menyatakan bahwa lagu yang terdapat pada album These Days (1995) itu bukan lagu cinta, tapi liriknya menunjukkan jelas bahwa lagu itu benar-benar lagu cinta. Masih berkaitan dengan arti lirik lagu, kadang-kadang para pendengar lagu langsung mneebak makna sebuah lagu dari judulnya saja. Apalagi jika kebetulan liriknya tidak terlalu lugas pengartiannya, lengkap dengan gaya bahasa penuh metafora, simbolisme, yang mengubur makna sebenarnya dalam bahasa yang berbunga-bunga, puitis, atau bahkan mendayu-dayu.

Salah satu contoh adalah saat Penulis terkaget-kaget melihat lagu U2 yang berjudul Pride (In the Name of Love) digunakan sebagai soundtrack satu episode acara TV yang mengulas soal percintaan (asmara). Sepengetahuan Penulis, lagu tersebut ditulis tentang Martin Luther King, seorang pejuang hak-hak minoritas di Amerika Serikat. Apakah ini memang disengaja, sebagai parodi tersembunyi dalam acara yang memang dikemas secara komedik ini, atau sebaliknya. Apalagi dalam acara tersebut, lagu ini hanya dinyanyikan refreinnya. Bukan berarti U2 tidak pernah menulis lagu cinta. Beberapa lagu U2 seperti: With or Without You, When Love Comes to Town, All I Want Is You, atau Sweetest Thing jelas-jelas bernuansa romantis.

Contoh yang paling mencolok mungkin lagu dari band R.E.M. berjudul The One I Love., yang merupakan hit Top 10 pertama mereka di Amerika Serikat. Dari judulnya orang akan mengira ini adalah sebuah lagu cinta. Lirik lagunya pun bisa diartikan sebagai lagu cinta kalau bukan karena satu baris yang berbunyi: … a simple prop, to occupy my time … Michael Stipe, sang penulis lirik, mengatakan bahwa lagu ini mengenai seseorang yang dimanfaatkan terus-menerus. Tidak pernah diketahui secara pasti apakah salah pengertian ini yang membuat lagu ini menjadi hit.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s