Posted in Musik

Serupa tapi Tak Sama: Lagu-lagu Nomor Satu dengan Judul yang Sama


Semacam sequel dari tulisan sebelumnya, kali ini lagu-lagu yang sama-sama menduduki posisi pertama di tangga lagu Billboard Hot 100 (Amerika Serikat), berjudul sama, namun lagunya sendiri sangat berbeda.

  1. All for Love (Color Me Badd/Sting, Bryan Adams, Rod Stewart)
    Banyak lagu yang berjudul All for Love, namun hanya dua lagu ini yang berhasil menduduki posisi pertama di tangga lagu Billboard Hot 100. Kelompok vokal Color Me Badd mencetak hit nomor satu keduanya, All 4 Love (ditulis oleh Howard Thompson dan Color Me Badd), di bulan Januari 1992. Sementara trio Sting, Bryan Adams, dan Rod Stewart membawa lagu tema film The Three Musketeers, yang ditulis oleh Adams, Robert “Mutt” Lange, dan Michael Kamen yang juga berjudul All for Love menjadi nomor satu di Amerika selama tiga pekan pada bulan Januari – Februari 1994.


  2. Best of My Love (Eagles/The Emotions)
    Eagles mencetak hit nomor satu pertamanya dengan Best of My Love  (ditulis oleh Don Henley Glen Frey, dan J.D. Souther) di awal bulan Februari 1974. Sementara itu, Maurice White dan Al McKay dari band Earth, Wind, and Fire menulis lagu yang juga berjudul Best of My Love untuk grup The Emotions, yang sukses menduduki posisi pertama di Billoard Hot 100 selama lima pekan pada bulan September – Oktober 1977.

  3. Big Girls Don’t Cry (The 4 Seasons/Fergie)
    Bob Crewe dan Bob Gaudio menulis lagu Big Girls Don’t Cry untuk kelompok vokal The 4 Seasons di tahun 1962 dan berhasil menduduki posisi pertama di Billboard Hot 100 selama lima pekan di bulan November 1962. Menurut Crewe, judul lagu ini didengarnya saat menonto film Slightly Scarlet (1956). Penyanyi Fergie menulis lagu yang juga berjudul Big Girls Don’t Cry bersama Toby Gad untuk album solonya, The Dutchess (2006). Lagu ini menduduki posisi pertama di Billboard Hot 100 pada bulan September 2007.

  4. Family Affair (Sly & The Family Stone/Mary J. Blige)
    Sly Stone menulis dan menyanyikan lagu Family Affair, yang menjadi hit nomor satu keempat dan terakhirnya di Amerika, menduduki posisi pertama selama tiga pekan di bulan Desember 1971. Sementara itu, Mary J. Blige bersama Andre Young, Bruce Wallenstein, Louis Pierre, Luchana N. Lodge, Camara Kambon, Michael Elizondo, Melvin Bradford, Asiah “The Continent” Lewis menulis lagu yang juga berjudul Family Affair untuk album kelima Blige, No More Drama (2001). Lagu ini menduduki posisi pertama Billboard Hot 100 selama enam pekan di bulan November – Desember 2001.

  5. Good Vibrations (The Beach Boys/Marky Mark & The Funky Bunch)
    Brian Wilson dan Mike Love menulis lagu Good Vibrations untuk grup mereka, The Beach Boys, dan dirilis sebagai singel pada bulan Oktober 1966. Lagu ini, dan jug album Pet Sounds yang dirilis sebelumnya, konon merupakan reaksi dari Wilson atas album The Beatles, Revolver. Good Vibrations menduduki posisi pertama Billboard Hot 100 di bulan Desember 1966. Mark Wahlberg, yang kini terkenal sebagai aktor, mengawali kariernya sebagai penyanyi. Sempat tergabung dalam NKOTB bersama kakaknya, Donnie, Mark kemudian membentuk grup Marky Mark & The Funky Bunch. Hit pertama mereka ditulis oleh Amir Quadeer Shakir, yang lebih terkenal sebagai M.C. Spice dan juga berjudul Good Vibrations, yang menduduki posisi pertama Billboard Hot 100 di bulan Oktober 1991.

  6. I’m Sorry (Brenda Lee/John Denver)
    Brenda Lee merekam lagu I’m Sorry karya Dub Albritton dan Ronnie Self di tahun 1960 saat masih berusia 15 tahun. Label rekamannya sempat menunda rilis lagu tersebut karena menganggap lirik lagunya terlalu dewasa. Saat lagu itu akhirnya dirilis sebagai singel, I’m Sorry berhasil menduduki posisi pertama Billboard Hot 100 selama tiga pekan di bulan Juli – Agustus 1960. John Denver menulis dan menyanyikan lagu berjudul I’m Sorry yang dirilis sebagai dobel singel bersama Calypso di tahun 1975. Lagu I’m Sorry dari John Denver menduduki posisi pertama di Billboard Hot 100 pada bulan September 1975.

  7. Jump (Van Halen/Kris Kross)
    Van Halen merupakan salah satu band hard rock terpopuler di Amerika Serikat sejak berdirinya di tahun 1973. Namun, baru di tahun 1984 dengan hit Jump, mereka menjadi band mainstream. Ditulis oleh keempat personilnya waktu itu (Alex van Halen, Eddie van Halen, Michael Anthony, dan David Lee Roth), Jump menduduki posisi pertama di Billboard Hot 100 selama lima pekan selama bulan Februari – Maret 1984. Di tahun 1992, duo hip-hop Kriss Kross yang personilnya baru berusia 12 dan 13 tahun mencetak sukses lewat hit perdananya, Jump, yang ditulis oleh produser Jermaine Dupri. Jump menduduki posisi pertama Billboard Hot 100 selama delapan pekan dari bulan April hingga Juni 1992.

  8. My Love (Petula Clark/Paul McCartney & Wings/Justin Timberlake feat. T.I.)
    Tony Hatch menulis My Love di tahun 1965 untuk Petula Clark, dan menjadi hit nomor satu keduanya di Amerika Serikat setelah Downtown. My Love menduduki posisi pertama di Billboard Hot 100 pada bulan Februari 1965. Paul dan Linda McCartney menulis lagu yang juga berjudul My Love untuk band mereka, Wings, pada tahun 1973. My Love dariPaul McCartney & Wings menduduki posisi pertama di Bilboard Hot 100 selama empat pekan pada bulan Juni 1973. Akhirnya, Justin Timberlake, bersama Timbaland, Nate “Danja” Hills dan T.I. menulis lagu berjudul My Love untuk album kedua Timberlake, FutureSex/LoveSounds (2006), dan berhasil menduduki posisi pertama di Billboard Hot 100 di bulan November 2006.


  9. One More Try (George Michael/Timmy T)
    George Michael menulis dan menyanyikan One More Try dalam album solo perdananya, Faith (1987). Dirilis sebagai singel keempat, One More Try berhasil menduduki posisi pertama di Billboard Hot 100 selama tiga pekan di bulan Mei – Juni 1988. Di tahun 1991, penyanyi dan penulis lagu Timothy Torres, yang lebih dikenal sebagai Timmy T, menulis dan menyanyikan lagu One More Try, yang juga berhasil menduduki posisi pertama di Billboard Hot 100 pada bulan Maret.

  10. Take a Bow (Madonna/Rihanna)
    Produser dan musisi Babyface menulis Take a Bow bersama Madonna dan dirilis sebagai single kedua dari album Bedtime Stories (1994). Take a Bow menjadi hit terbesar Madonna, menduduki posisi pertama di Billboard Hot 100 selama tujuh pekan selama bulan Februari – Aprik 1995. Di tahun 2008, Tor Erik Hermansen, Mikkel Eriksen, dan Shaffer Smith menulis lagu berjudul Take a Bow untuk penyanyi Rihanna, yang berhasil menduduki posisi pertama di Billboard Hot 100 pada bulan Mei 2008.

  11. Venus (Frankie Avalon/The Shocking Blue/Bananarama)
    Venus ditulis oleh Ed Marshall dan Peter DeAngelis dan berhasil menduduki posisi pertama di Billboard Hot 100 selama lima pekan selama bulan Maret – April 1959. Sementara, band asal Belanda The Shocking Blue menulis dan membawakan lagu yang juga berjudul Venus, yang menduduki posisi pertama Billboard Hot 100 di bulan Februari 1970. Lagu yang sama dinyanyikan ulang oleh kelompok vokal asal Inggris, Bananarama, dan kembali menduduki posisi pertama di bulan September 1986.


  12. Wild Wild West (The Escape Club/Will Smith feat. Dru Hill & Kool Mo Dee)
    Band asal Inggris The Escape Club menulis dan membawakan lagu berjudul Wild, Wild West dari album pertama mereka yang juga berjudul Wild, Wild West. Lagu ini berhasil menduduki posisi pertama di Billboard Hot 100 di bulan November 1988. Pada tahun 1999, Will Smith memibintangi film berjudul Wild Wild West sekaligus menyanyikan lagu temanya. Lagu yang juga berjudul Wild Wild West ini mengambil sampel dari lagu Stevie Wonder, I Wish dan lagu berjudul sama (Wild Wild West) dari Moe Dewessse (Kool Moe Dee). Wild Wild West menduduki posisi pertama di Billboard Hot 100 pada bulan Juli 1999.

  13. UPDATE: Hello (Lionel Richie/Adele)
    Entri terbaru dalam daftar ini, menjadi pembicaraan karena disebut-sebut ada kemiripan, walau hanya di level “cumi”. Hello menjadi hit nomor satu (solo) keempat Lionel Richie setelah Endless Love, Truly, dan All Night Long (All Night). Video klipnya tidak kalah populer, memperlihatkan Richie sebagai guru dan pelatih drama yang naksir salah satu muridnya yang tunanetra. Hello menduduki posisi pertama di Billboard Hot 100 selama dua pekan (Mei 1984) dan enam pekan di Inggris. Akhir Oktober 2015, Adele merilis singel perdana dari album ketiganya, 25, berjudul Hello, yang langsung melesat ke posisi pertama di 26 negara, termasuk Amerika Serikat dan Inggris.

  14. Special Mention: 9 to 5 (Dolly Parton/Sheena Easton)
    Dolly Parton mencetak sukses lewat film 9 to 5 (1980) dan lagu temanya (yang ditulisnya sendiri) menduduki posisi pertama di tangga lagu Billboard Hot 100 di bulan Februari dan Maret 1981. Sementara itu, Sheena Easton pada saat hampir bersamaan merilis lagu yang juga berjudul 9 to 5 (karya Lorrie Palmer), yang menduduki posisi ketiga di Inggris. Di awal tahun 1981, label rekaman Easton, EMI, mencoba mengorbitkannya di Amerika dengan merilis singel 9 to 5, namun untuk menghindari kebingungan karena kesamaan judul dengan hit milik Dolly Parton, judul lagu diubah menjadi Morning Train (Nine to Five). Entah karena kesamaan judul ini atau bukan, lagu ini menduduki posisi pertama di tangga lagu Billboard Hot 100 pada bulan Mei 1981.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s