Posted in Musik

Harlem Shake, dan Tarian-tarian yang “Mengguncang Dunia”


  1. Harlem Shake (2012/2013)
    Aslinya, tarian ini disebut albee, karena diciptakan seorang warga Harlem bernama Al B di tahun 1981. Nama Harlem Shake digunakan setelah tarian ini menjadi populer di lingkungannya. Di tahun 2001, rapper G Dep (bersama P.Diddy dan Black Rob) menampilkan Harlem Shake dalam video klip lagunya, Let’s Get It.

    Harlem Shake yang menjadi fenomena internet (meme) di awal tahun 2013 tidak ada hubungannya sama sekali dengan tarian Harlem Shake. Adalah seorang DJ bernama Baauer yang merilis lagu berjudul Harlem Shake pada bulan Mei 2012 di YouTube yang bisa diunduh gratis. Baauer menggunakan sampel dari lagu berjudul Miller Time (Plastic Little) yang berbunyi “…then do the harlem shake…“. Pada bulan Februari 2013, sebuah video di YouTube menampilkan tarian berkelompok selama 30 detik, diawali dengan seorang yang menggunakan kostum diiringi lagu Harlem Shake, sebelum diikuti yang lainnya. Popularitas video ini membuatnya menjadi fenomena internet. Lagunya sendiri mulai menarik perhatian, dan berhasil menduduki posisi pertama tangga lagu Billboard Hot 100.
  2. Gangnam Style (2012)
    Tepat sebelum Harlem Shake, ada Gangnam Style yang dinyanyikan oleh rapper Korea Selatan, Park  Jae-Sang yang lebih dikenal dengan nama panggung PSY. Gangnam Style menjadi fenomena internasional dan memperkenalkan K-Pop ke Amerika Utara/Eropa. Tarian bergaya menunggang kuda ini menjadi sensasi internasional dan videonya menembus 1 miliar pemutaran di YouTube.
  3. Asereje (2002)
    Tiga bersaudara (atau bersaudari tepatnya) membentuk kelompok vokal Las Ketchup (Saus Tomat dalam Bahasa Spanyol) pada tahun 2001. Nama ini dipilih karena ayah mereka, Juan Munoz, adalah seorang gitaris flamenco yang mempunyai julukan “Tomatito”. Debut singel mereka, Asereje (diedarkan dengan judul The Ketchup Song di luar Spanyol) dan sukses menduduki posisi pertama di Inggris.
  4. Macarena (1995 – 1996)
    Duo spanyol, Los Del Rio, merilis Macarena di tahun 1994 yang liriknya bercerita tentang seorang gadis bernama Macarena. Konon, lagu ini terinspirasi penampilan seorang penari Venezuela saat Los Del Rio melakukan konser di tahun 1992. Lagu ini pertama kali direkam tahun 1992 dan dirilis tahun 1993 dengan irama rumba. Los Del Rio kemudian merekanya untuk album A mi me gusta (1994). Di tahun 1996, The Bayside Boys menambahkan lirik berbahasa Inggris dan me-remix lagu ini sebagai Macarena (Bayside Boys Remix), yang sukses menduduki posisi pertama di Billboard Hot 100 selama 14 pekan.
  5. Lambada (1989)
    Grup asal Prancis, Kaoma, bersama vokalis asal Brazil Loalwa Braz, merekam lagu ini untuk album Worldbeat (1989). Lagu ini sendiri adalah terjemahan dari lagu Bolivia, Llorando se fue (1981)  dari kelompok Los Kjarkas.
  6. The Loco-Motion (1962)
    Carole King dan suaminya, Gerry Goffin, menulis lagu ini untuk dinyanyikan oleh babysitter mereka, Eva Boyd, yang kemudian dikenal sebagai Little Eva pada tahun 1962. Boyd kemudian menciptakan tarian untuk melengkapi lagu ini. Lagu ini direkam ulang oleh sjumlah artis, di antaranya Grand Funk (1974) dan Kylie Minogue (1987).
  7. The Twist (1960)
    Salah satu contoh lagu yang menularkan sebuah tarian ke seluruh dunia. The Twist pertama kali dirilis sebagai sisi-B dari singel Teardrops on Your Letter (Hank Ballard and the Midnighters). Baru setelah Chubby Checker menyanyikannya di tahun 1960, lagu dan tarian Twist menjadi populer.
  8. Poco-poco (1998)
    Well, tidak sepenuhnya mengguncang dunia, namun paling tidak poco-poco , bersama tebe-tebe dan sajojo membuktikan fenomena tarian pergaulan juga ada di Indonesia. Konon, tarian ini dibawa olh anggota TNI yang bertugas di kawasan timur Indonesia, dan setelah pulang ke Jawa mereka mempraktikkan tarian ini di lingkungan sekitarnya. Poco-poco berasal dari Maluku, Tebe-tebe dari Timor, dan Sajojo dari Papua.
  9. [UPDATE] Y.M.C.A. (1978)
    Grup disko Village People merilis singel Y.M.C.A. pada tahun 1978 dan menjadi hit terbesar mereka dengan menduduki posisi kedua di Billboard Hot 100. YMCA sendiri adalah singkatan dari Young Men’s Christian Association, sebuah organisasi Kristiani untuk generasi muda. Pada awalnya, tidak ada tarian khusus untuk lagu ini, juga di video klipnya. Adalah penampilan mereka di acara American Bandstand pada tanggal 6 Januari 1979, ketika para penonton di studio mulai menari dengan membentuk huruf-huruf Y, M, C, dan A saat memasuki refrein lagu. Sejak itu tarian YMCA menjadi populer di Amerika Serikat dan di seluruh dunia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s