Posted in Musik

Badai Pasti Berlalu (2)


Beberapa trivia seputar album Badai Pasti Berlalu:

  1. Hanya empat lagu dari album ini yang benar-benar tampil dalam film Badai Pasti Berlalu (1977): Merpati Putih, Matahari, Baju Pengantin, dan Badai Pasti Berlalu.
  2. Broery Marantika mengisi vokal untuk lagu-lagu dalam film Badai Pasti Berlalu bersama Berlian Hutauruk. Teguh Karya (sutradara film Badai Pasti Berlalu) sempat menentang pemilihan Berlian (suara sopranonya disamakan dengan suara kuntilanak!) dan lebih menyukai Anna Manthovani. Broery kemudian merekam lagu-lagu dari film Badai Pasti Berlalu untuk albumnya, bersama Christine Hakim.
  3. Eros Djarot, sebagai penata musik film Badai Pasti Berlalu, berinisiatif mengembangkan soundtrack film ini menjadi satu album penuh dengan menambahkan lagu-lagu dari film Perkawinan dalam Semusim (1977) yang ditulis bersama Debby dan Keenan Nasution, dan lagu baru yang ditulis bersama Chrisye. Sebuah lagu instrumen yang belum sempat dituliskan liriknya akhirnya direkam dengan judul E & C & Y.
  4. Dalam blognya, Yockie menceritakan mengenai proses pembuatan album ini, bagaimana ia mati-matian menyesuaikan chord musik dengan melodi dan lirik dari Eros Djarot yang “nyeleneh”, tentang Chrisye yang baru muncul siang hari namun mampu menyelesaikan pengambilan vokal dengan lancar, dan Fariz RM, yang masih duduk di bangku SMA, direkrut untuk memainkan beat drum yang lebih kompleks.
  5. Master rekaman album ini akhirnya dijual ke pemilik studio rekaman Irama Mas setelah tidak ada perusahaan rekaman yang berminat mengedarkan. Masalah royalti album ini sempat menjadi sengketa antara Chrisye, Eros Djarot, dan Berlian Hutauruk.
  6. Album Badai Pasti Berlalu dirilis ulang dua kali: oleh Chrisye dan Erwin Gutawa (1999) dan Andi Rianto (2007) untuk remake film Badai Pasti Berlalu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s