Posted in Musik

David Foster Top 20 (bagian 1)


David Foster dikenal sebagai penulis lagu, penata musik, dan produser bertangan dingin. Mengawali kariernya sebagai pemain kibor pada grup Kanada, Skylark, di awal 70-an, Foster mencapai sukses sebagai penulis lagu untuk Earth, Wind and Fire, Boz Scaggs, Chicago, Peter Cetera, dan juga saat menggarap soundtrack untuk film St. Elmo’s Fire (1985) dan untuk pertunjukan broadway Dreamgirls (1982). Tidak hanya terpaku pada artis, band, atau genre musik tertentu, Foster terus mengembangkan sayapnya di pentas musik dunia dengan membentuk label 143 Records di tahun 90-an.

Berikut ini, Lawnosta coba menyajikan 20 lagu terbaik David Foster dalam dua bagian dengan penjelasan:

  1. Bagian pertama berisi 10 lagu yang ditulis oleh David Foster, bagian kedua berisi 10 lagu yang tidak ditulis, namun ditata (aransemen) dan diproduksi oleh David Foster.
  2. Satu artis (penyanyi/band) hanya diwakili satu lagu, termasuk duet
  3. Berikut ini lagu-lagu yang hampir masuk top 20 dan penyanyinya (honorable mentions):

Dan berikut ini 10 Lagu terbaik yang pernah ditulis David Foster versi Lawnosta:

  1. Glory of Love
    Ditulis oleh David Foster dan Peter Cetera sebagai lagu tema film The Karate Kid part II. Lagu ini sukses menduduki posisi pertama di Billboard Hot 100 dan menjadi nominasi dalam Academy Award 1987 untuk lagu tema terbaik.
  2. After the Love Has Gone
    Ditulis oleh David Foster, Jay Graydon, dan Bill Champlin untuk grup Earth, Wind and Fire, lagu ini menduduki posisi kedua di Billboard Hot 100 dan memenangkan penghargaan Grammy untuk penampilan R&B terbaik oleh grup/duo pada tahun 1979. Versi instrumentalnya dibawakan Foster bersama Kenny G dalam album Redchordings.
  3. This Must Be Love
    Ditulis oleh David Foster dan Lamont Dozier untuk album River of Love, lagu ini dinyanyikan oleh Warren Wiebe dan Jeff Pescetto. Lagu ini mengingatkan akan bakat besar vokalis Warren Wiebe, yang meninggal tahun 1998.
  4. I Have Nothing
    Ditulis oleh David Foster dan Linda Thompson untuk dinyanyikan Whitney Houston dalam album soundtrack film The Bodyguard, lagu ini menduduki posisi keempat di Billboard Hot 100 dan diunggulkan untuk lagu tema terbaik dalam Academy Award 1993.
  5. And When She Danced
    Ditulis oleh David Foster dan Linda Thompson untuk soundtrack film Stealing Home, lagu ini dinyanyikan oleh David Foster bersama Marilyn Martin.
  6. Love at Second Sight
    Ditulis oleh David Foster dan Paul Gordon, lagu ini dinyanyikan David Foster berduet dengan Vikki Moss. Lagu ini juga pernah dinyanyikan oleh Dionne Warwick.
  7. The Best of Me
    Ditulis oleh David Foster, Richard Marx, dan Jeremy Lubbock, lagu ini dinyanyikan David Foster bersama Olivia Newton-John dan menjadi salah satu lagu signature David Foster. Versi solo David Foster dapat disimak dalam album pertamanya The Best of Me (1983).
  8. Love Theme from St. Elmo’s Fire
    Ditulis oleh David Foster untuk soundtrack film St. Elmo’s Fire, lagu ini mungkin karya instrumentalnya yang paling dikenal. Lagu ini mencapai posisi 15 di Billboard Hot 100 dan versi vokalnya (dengan subjudul “For Just a Moment”) dinyanyikan oleh Amy Holland dan Donny Gerrard.
  9. Hard to Say I’m Sorry
    Ditulis oleh David Foster dan Peter Cetera untuk grup Chicago, lagu ini sukses menduduki posisi pertama Billboard Hot 100 dan menjadi titik balik karier band ini.
  10. St. Elmo’s Fire (Man in Motion)
    Ditulis oleh David Foster dan John Parr, mulanya lagu ini ditujukan untuk Rick Hansen, seorang atlet cacat Kanada yang saat itu melakukan aksi keliling dunia di atas kursi roda. Lagu ini akhirnya dijadikan lagu tema film St. Elmo’s Fire dan sukses mencapai posisi pertama di Billboard Hot 100.

One thought on “David Foster Top 20 (bagian 1)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s