Posted in Musik

Lionel Richie


Setelah baru-baru ini mengadakan pertunjukan di Indonesia, kali ini mari kita sedikit mengulas musisi, penulis lagu, dan penyanyi legendaris ini. Terlahir dengan nama Lionel Brookman Richie jr. pada tanggal 20 Juni 1949 di Tuskegee, Alabama, Richie bergabung dengan grup Commodores saat kuliah di Tuskegee Institute. Richie menjadi vokalis dan pemain saksofon di Commodores. Ia juga menulis hit-hit terbesar Commodores seperti Just to Be Close to You, Easy, Three Times a Lady, Sail On, dan Still. Di tahun 1980, Richie bekerja sama dengan penyanyi country Kenny Rogers untuk menulis dan memproduksi single Lady, yang berhasil menduduki posisi pertama di Billboard Hot 100. Setahun kemudian, Richie menulis lagu tema untuk film Endless Love, yang dinyanyikannya bersama Diana Ross. Lagu ini terjual dua juta kopi di Amerika Serikat, menduduki posisi pertama di Billboard Hot 100 selama sembilan pekan, dan dinominasikan untuk penghargaan Grammy Award dan Academy Award.

Lionel Richie pun akhirnya memutuskan keluar dari Commodores dan bersolo karir. Album pertamanya, Lionel Richie (1982) melahirkan hit nomor satu, Truly. Album keduanya, Can’t Slow Down (1983) meraih penghargaan Album of the Year dari Grammy Award dan mencetak hit nomor satu All Night Long (All Night) dan Hello. Richie kemudian menulis lagu We Are the World bersama Michael Jackson yang dinyanyikan oleh all-star USA for Africa untuk mengumpulkan dana bagi bencana kelaparan di Ethiopia. Pada tahun 1985 Richie menulis lagu Say You, Say Me untuk film White Nights dan sukses memenangkan penghargaan Academy Award untuk lagu tema terbaik.

Setelah merilis album ketiganya, Dancing on the Ceiling (1986), Lionel Richie menghilang dari dunia musik untuk merawat ayahnya di Alabama. Richie akhirnya kembali ke dunia musik tahun 1992 dengan merilis album kompilasi Back to Front. Album-albumnya sejak saat itu seperti Louder than Words (1996), Time (1998), Renaissance (2000), Just for You (2004), Coming Home (2006), dan Just Go (2009)  tidak lagi sesukses ketiga album pertamanya. Barulah saat merilis album Tuskegee (2012) yang berisi kolaborasinya dengan para penyanyi country menyanyikan hit-hit lamanya, Richie kembali ke puncak tangga Billboard 200. Meski dikenal sebagai penyanyi aliran soul, R&B, dan pop, Richie juga pernah mencetak hit country seperti Lady, Stuck on You, dan Deep River Woman (dinyanyikan bersama grup Alabama).

Di masa kejayaannya, Richie pernah mencetak rekor sebagai penulis lagu yang selalu melahirkan hit nomor satu di Billboard Hot 100 pada periode  tahun 1978 – 1986, masing-masing: Three Times a Lady (1978), Still (1979), Lady (1980), Endless Love (1981), Truly (1982), All Night Long (1983), Hello (1984), We Are the World (1985), dan Say You, Say Me (1986).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s