Posted in Lawnosta

Keluarga Jackson dan Para “Kembarannya”


Silsilah Keluarga Jackson (Sumber: HLNTV)

Beberapa waktu lalu, Lawnosta pernah membahas dua vokalis perempuan bernama “cuma mirip”, kini giliran musisi laki-laki, yang kebetulan bernama belakang Jackson. Kita tahu mengenai keluarga Jackson dari Gary, Indiana, Amerika Serikat yang terdiri atas 9 bersaudara, 6 pria (Jackie, Tito, Jermaine, Marlon, Michael, Randy) dan 3 wanita (Rebbie, La Toya, Janet), yang sama-sama terjun ke dunia musik dengan level sukses yang bervariasi. Diawali dengan grup The Jackson 5 di tahun 1970, disusul solo karier masing-masing mulai dekade 80-an. Jackson bersaudara dilahirkan dari pasangan Joseph (Joe) dan Katherine Jackson yang masing-masing juga musisi, meskipun tidak secara profesional. Berikut ini tiga musisi/artis yang kebetulan punya nama mirip dengan anggota keluarga Jackson:

  1. Joe Jackson
    Musisi Inggris ini dilahirkan dengan nama David Ian Jackson pada tahun 1954. Ia dipanggil Joe karena (konon) kemiripannya dengan karakter Joe 90 dari serial televisi, The Adventures of Joe 90. Artis ini tidak terlalu dikenal di Indonesia, namun demikian albumnya di tahun 1982, Night and Day, dan juga hit singelnya, Steppin’ Out, berhasil menembus Top 10 di Amerika Serikat dan Inggris.

    Joe Jackson (Sumber: Wikipedia)
  2. Randy Jackson
    Terlahir dengan nama Randall Darius Jackson pada tahun1956, musisi kulit hitam a pemain bass untuk grup Journey di album Raised on Radio (1986), namun akhirnya lebih dikenal sebagai anggota dewan juri reality show American Idol selama 12 season (2002 – 2013) di antaranya bersama Paula Abdul dan Simon Cowell.

    Randy Jackson (Sumber: Wikipedia)
  3. Michael (Mick) Jackson
    Terlahir dengan nama Michael George Jackson di tahun 1947, musisi ini terkenal lewat lagu Blame It on the Boogie di tahun 1978 yang ditulis bersama adiknya, David Jackson dan Elmar Krohn. Saat Mick dan grupnya sedang merekam lagu ini, publisher mereka menawarkan lagu ini kepada seseorang yang ternyata adalah salah seorang dari tim manajemen grup asal Amerika Serikat The Jacksons, dengan vokalis utamanya yaitu: Michael Jackson! The Jacksons segera merekam lagu ini dan merilisnya dalam waktu hampir bersamaan dengan Mick Jackson. Lagu yang sama dan dinyanyikan oleh dua artis bernama (kebetulan) sama ini oleh pers saat itu disebut Battle of the Boogie. Akhirnya, versi The Jacksons lebih sukses, menduduki posisi ke-8 di Inggris, sementara versi Mick Jackson menduduki posisi ke-15. Sampai kini, masih banyak yang menganggap lagu Blame It on the Boogie ditulis oleh Michael Jackson.

    Mick Jackson (Sumber: mickjacksonmusic.com)

    Uniknya lagi, singel berikutnya dari Mick Jackson, Weekend, dirilis pada waktu bersamaan dengan singel The Jacksons, Destiny, di Inggris. Kedua artis pun tampil di acara Top of the Pops secara bersamaan.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s