Posted in Musik

Tielman Brothers dan Black Brothers, The Lost Legend


Meskipun kedua grup ini menggunakan nama “Brothers”, hanya Tielman Brothers-lah yang personalnya benar-benar bersaudara. Itupun masih bisa diperdebatkan karena pada satu masa ada personel wanita, yaitu Jane Tielman, belum lagi keluar-masuknya personel sepanjang karier mereka. Di sisi lain, Black Brothers lebh mengacu pada “brotherhood” alias persaudaraan berdasarkan persamaan ide atau pandangan. Berikut ini sedikit ulasan mengenai kedua “Brothers” ini.
The Tielman Brothers (sumber: wikipedia)
Black Brothers (sumber: Rasta Mania Papua)

The Tielman Brothers
Pernah dengar genre indorock? salah satu genre musik rock yang paling awal muncul. Dipelopori oleh musisi-musisi keturunan Indonesia yang hijrah ke Belanda pasca pengakuan kedaulatan Republik Indonesia tahun 1949, indorock diakui sebagai pelopor musik rock di Belanda. Eropa, bahkan dunia. Indorock memasukkan unsur musik keroncong ke dalam musik rock. The Tielman Brothers adalah artis indorock yang sangat populer. Mereka dikenal di antaranya berkat aksi panggungnya yang atraktif, di antaranya: memainkan gitar di balik punggung, terbalik, menggunakan gigi dan stik drum. Konon, Aksi The Tielman Brothers inilah yang menginspirasi aksi panggung musisi rock seperti Jimi Hendrix, The Who, bahkan Elvis Presley dan The Beatles. Silakan menyimak aksi panggung The Tielman Brothers dalam klip dari penampilan mereka di sebuah stasiun TV Jerman pada tahun 1959.

The Tielman Brothers dibentuk di Kupang pada tahun 1945 oleh empat bersaudara Andy Tielman (gitar, vokal), Reggy Tielman (gitar, banjo, vokal), Ponthon Tielman (contrabass, gitar, vokal), dan Loulou Tielman (drum, vokal) dengan nama The Timor Rhythm Brothers. Mereka hijrah ke Belanda pada tahun 1957 dan segera menjadi salah satu artis terpopuler di Belanda dan Eropa. Penampilan mereka di Brussels World Fair 1958 (EXPO ’58) di booth Belanda menjadi debut perdana yang sukses memperkenalkan mereka ke dunia internasional. Sejak itu, mereka dan artis indorock lain menjadi populer, terutama di Jerman. Konon di Jermanlah The Beatles menjadi terinspirasi dengan penampilan mereka. Kejayaan indorock dan The Tielman Brothers tidak bertahan lama, mulai tahun 1965 serbuan musik beatrock dari Inggris yang dipelopori The Beatles pelan-pelan menggusur indorock dan artis-artisnya. Tahun 2014 kemarin seolah menjadi penutup episode The Tielman Brothers setelah Reggy Tielman meninggal dunia menyusul saudara-saudaranya: Andy (2011), Ponthon (2000), Loulou (1994), dan juga Jane (1993).

Black Brothers
Tidak semua personelnya berkulit hitam atau berasal dari Papua, dan yang jelas tidak bersaudara, Black Brothers dikenal sebagai band asal Papua yang melegenda bukan hanya karena musiknya, namun juga karena status pelarian mereka. Black Brothers berawal di tahun 1975 dengan nama Iriantos yang beranggotakan: Hengky Merantoni (gitar, vokal), Jochy Patipelohi (kibor), Agus Rumaropen (gitar, vokal), Benny Betay (bass), Stevie Mambor (drum, vokal), Amrey Kaha (saksofon), dan David Rumagesan (terompet). Manajer mereka, Andi Ayamiseba, membawa mereka ke Jakarta untuk rekaman dan mengubah nama band menjadi Black Brothers. Lagu-lagu mereka yang mejadi hit besar di antaranya yang berjudul Hari Kiamat dan Kisah Seorang Pramuria. Lagu Kisah Seorang Pramuria menjadi sangat populer saat dinyanyikan kembali oleh Charles Hutagalung dari band The Mercy’s. Hengky Merantoni menulis lima lagu bertema pramuria: Kisah Seorang Pramuria, Cinta dan Pramuria, Doa Pramuria, Balada Pramuria, dan Pramuria tapi Biarawati.

Sayangnya, Black Brothers akan lebih dikenang karena status “pelarian” mereka pasca manggung di Papua Nugini tahun 1978, kemudian meminta suaka politik ke Belanda di tahun 1980. Black Brothers dan manajer mereka kemudian hijrah ke Vanuatu di tahun 1983. Di sana mereka terlibat dalam percaturan politik yang akhirnya membuat personel band ini terpecah, dan sebagian dari mereka pindah ke Australia, ada juga yang kembali ke Indonesia. Seputar pelarian mereka, ada juga pendapat bahwa represi dari pemerintahan orde baru seputar hubungan Black Brothers dengan Organisasi Papua Merdekalah yang melatarbelakanginya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s