Posted in Musik

Colin Bass, Rocker yang Menulis Denpasar Moon


Bagi mereka yang mengalami dekade 90-an di Indonesia, lagu Denpasar Moon pastilah tidak asing di telinga. Lagu ini unik, dalam arti berlirik bahasa Inggris namun 100% berirama dangdut. Lagu ini dipopulerkan oleh penyanyi Philipina, Maribeth Pascua, pemenang ajang Voice of Asia 1991. Bermula dari iklan produk Sony, lagu ini pun menjadi hit besar di Indonesia, direkam oleh lebih dari 50 artis dari Indonesia, Malaysia, Philipina, dan Jepang. Namun, jarang yang mempertanyakan asal mula pencipta lagu ini yang ternyata juga bukan orang Indonesia, meskipun tercantum nama Sabah Habas Mustapha, yang berbau timur tengah itu.

Usut punya usut, pencipta lagu Denpasar Moon bukan sembarang orang di dunia musik internasional. Para penggemar musik progressive rock tidak akan asing mendengar namanya. Colin Bass, adalah nama asli dari pencipta Denpasar Moon, Sabah Habas Mustapha. Penggemar musik progressive rock akan  mengenalnya sebagai pemain bass kelompok musik Camel sejak tahun 1979. Ternyata, selain seorang rocker, Colin Bass juga menggemari musik-musik tradisional atau istilah kerennya “World Music”. Di tahun 1982 ia bergabung dalam grup musik 3 Mustaphas 3 bersama Ben Mandelson, Tim Fienburgh, dan Nigel Watson. Para personel kelompok ini mengadopsi nama-nama “keluarga Mustapha”, dengan Colin Bass menggunakan nama Sabah Habas Mustapha. 3 Mustaphas 3 merilis album studio terakhirnya, Friends, Fiends & Fronds, di tahun 1991, meskipun tidak membubarkan diri secara resmi.


3 Mustaphas 3 (Sumber: colinbass.com)

Colin Bass melanjutkan eksplorasi musiknya di Indonesia, masih menggunakan nama Sabah Habas Mustapha. Ia merilis tiga album: Denpasar Moon (1994), Jalan Kopo (1998), dan So La Li (1999). Album-album ini sangat kuat pengaruh musik Sunda dan direkam di Bandung bersama Jugala All Stars. ia kemudian memproduksi album Sambasunda di tahun 2010.


Jugala All Stars (Sumber: colinbass.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s