Posted in Musik

Eagles Bubar, Keith Emerson Meninggal (RIP)


Kabar duka seakan susul-menyusul akhir-akhir ini, terutama bagi fans musik era 70-an. Setelah meninggalnya David Bowie, Glenn Frey, baru-baru ini musisi Keith Emerson ditemukan meninggal dunia dengan luka tembak di kepalanya, diduga bunuh diri. Emerson dikenal sebagai pemain kibor dalam supergrup Emerson, Lake & Palmer bersama Greg Lake dan Carl Palmer. Meninggalnya Glenn Frey juga menandai bubarnya Eagles, grup rock legendaris Amerika Serikat yang dikenal lewat megahitnya Hotel California. Don Henley, vokalis dan pemain drum Eagles, telah mengonfirmasikan bahwa penampilan Eagles di Grammy Awards 2016 adalah yang terakhir.

Eagles dibentuk tahun 1971 oleh musisi-musisi studio yang biasa mengiringi sejumlah penyanyi solo, di antaranya Linda Ronstadt. Anggota band saat dibentuk adalah Glenn Frey, Deon Henley, Randy Meisner, dan Bernie Leadon. Dua album pertama mereka Eagles (1972) dan Desperado (1973) cukup sukses, namun baru pada album ketiga mereka On the Border (1974) mereka benar-benar dikenal luas. Pada album ketiganya, gitaris Don Felder bergabung dan mengubah warna musik mereka dari country rock ke hard rock. Lagu Best of My Love menjadi hit nomor satu mereka yang pertama di tangga lagu Billboard. Album keempat mereka, One of These Nights (1975) menjadikan Eagles superstar, menduduki posisi pertama di tangga album Billboard. Singel pertama dari album itu, One of These Nights, juga berhasil menduduki posisi pertama di Billboard. Sementara, singel berikutnya, Lyin’ Eyes, mengantarkan mereka meraih penghargaan Grammy Award untuk Penampilan Pop Terbaik oleh Grup atau Duo. Album kompilasi Their Greatest Hits (1971-1975), menjadi album terlaris sepanjang masa, hanya kalah dari album Thriller (Michael Jackson). Bernie Leadon meninggalkan Eagles dan digantikan oleh Joe Walsh saat penggarapan album Hotel California (1977). Hotel California menjadi album tersukses Eagles, dan lagu berjudul sama menjadi hit nomor satu keempat mereka (setelah singel pertama New Kid in Town), dan membawa mereka memenangkan penghargaan Grammy Award untuk Rekaman Terbaik. Randy Meisner keluar dari Eagles setelah album ini untuk digantikan oleh Timothy B. Schmit. Album kelima Eagles, The Long Run (1979) tidak sesukses Hotel California, dan konflik pun mulai merebak, terutama antara Glenn Frey dan Don Felder. Album berikutnya, Eagles Live, diselesaikan secara terpisah oleh Frey dan keempat anggota lainnya. Eagles membubarkan diri setelah rilis album ini. Mereka kembali bersama di tahun 1994 dan merilis album Hell Freezes Over, yang berisi beberapa lagu baru seperti Love Will Keep Us Alive dan lagu-lagu lama mereka yang dibawakan secara akustik seperti Hotel California. Don Felder dikeluarkan dari Eagles pada tahun 2001, yang diikuti dengan pertikaian dengan keempat anggota lain, terutama Don Henley dan Glenn Frey. Long Road Out of Eden (2007) menjadi album studio ketujuh Eagles (dan yang terakhir). Glenn Frey meninggal dunia pada 18 Januari 2016 karena sakit dan Henley sebagai pendiri Eagles yang tersisa akhirnya memutuskan untuk mengakhiri perjalanan Eagles.

Keith Noel Emerson dilahirkan di Inggris pada tanggal 2 September 1944. Emerson mulai dikenal saat bergabung dengan band The Nice pada tahun 1967. Salah satu ciri khas penampilan The Nice saat itu adalah atraksi Emerson dan organ Hammond-nya. Atraksinya menggunakan organ Hammond pun sering dibandingkan dengan Jimi Hendrix dan gitar elektriknya. Pada tahun 1970 Emerson meninggalkan The Nice untuk membentuk supergrup ELP (Emerson, Lake & Palmer) bersama Greg Lake, pemain bass dan vokalis King Crimson dan Carl Palmer, pemain drum Atomic Rooster. Emerson mulai menggunakan synthesizer Moog dalam penampilannya, dan menjadi identik dengan dirinya. ELP mencapai sukses dengan album-albumnya sebelum bubar di tahun 1979. Emerson kemudian membentuk proyek Emerson, Lake & Powell (1985) dan 3 (Emerson,Berry & Palmer, 1987) sebelum bereuni dengan Lake dan Palmer pada tahun 1992 untuk album Black Moon. ELP kemudian merilis album studio terakhir mereka, In the Hot Seat (1994) dan melakukan tur. Namun, kendala fisik menghinggap Palmer dan Emerson yang menyebabkan mereka tidak bisa tampil maksimal. Konon, ini juga mempengaruhi kondisi mental Keith Emerson menjelang kematiannya.

Selamat Jalan Glenn Frey, Keith Emerson, dan juga David Bowie, karya-karya kalian akan tetap abadi di telinga dan hati kami!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s