Posted in Musik

Laura Branigan, Spesialis “Cover Version”


Penikmat musik era 80-an pasti mengenal Laura Branigan, penyanyi Amerika Serikat keturunan Irlandia ini. Dikenal berkat lagu-lagu dance electronic seperti Gloria dan Self Control, Branigan memulai kariernya sebagai vokalis grup beraliran folk rock Meadow di tahun 1972 yang beranggotakan Walker Daniels, Sharon Storm, dan Chris van Cleave. Meadow merilis album perdananya, The Friend Ship (1973), namun segera membubarkan diri setelah Daniels bunuh diri. Branigan akhirnya memulai karier solonya pada tahun 1979 saat menandatangani kontrak dengan Atlantic Record. Namun, kesuksesan baru dicapainya setelah merilis album Branigan (1982) dan single Gloria, yang aslinya adalah hit di Eropa di tahun 1979 yang ditulis dan dibawakan oleh artis asal Italia Umberto Tozzi. Gloria aslinya berlirik bahasa Italia, bercerita tentang kisah cinta dengan gadis imajiner bernama Gloria. Jonathan King menulis lirik versi Inggrisnya. Saat Branigan akan merekam versinya, ia dan produser Jack White berniat mengubah liriknya dari sudut pandang seorang gadis dan menyesuaikan judulnya menjadi Mario. Namun akhirnya, penulis lirik Trevor Veitch tidak mengubah judul lagu dan memilih menyesuaikan lirik dengan tema selain asmara. Gloria menjadi signature song Laura Branigan hingga kini, menduduki posisi kedua dan bertahan 36 pekan di Billboard Hot 100 dan memberikan nominasi Grammy baginya.

Album kedua Branigan 2 (1983) melejitkan hit Solitaire, yang aslinya ditulis dan dibawakan artis Prancis Martine Clemencau. Solitaire menduduki posisi ketujuh di Billboard Hot 100 dengan lirik bahasa Inggris yang ditulis oleh Diane Warren (hit top 10 pertamanya). Single kedua dari Branigan 2 adalah How Am I Supposed to Live Without You yang ditulis oleh Michael Bolton (hit pertamanya), menduduki posisi 12 di Billboard Hot 100 dan posisi pertama di Adult Contemporary Chart. Lagu ini mulanya ditulis Bolton untuk Air Supply, namun urung karena produser Clive Davis menginginkan perubahan pada liriknya. Akhirnya, lagu ini kemudian dibawakan oleh penciptanya di album Soul Provider (1989), menduduki posisi pertama di Billboard Hot 100.

Album ketiganya, Self Control (1984) melejitkan hit berjudul sama, yang aslinya adalah hit di Eropa oleh artis Italia Raffaele Rifioli yang dikenal dengan nama panggungnya Raff. Dua versi lagu ini merajai tangga lagu di Eropa. Hit kedua dari album ini, The Lucky One, menduduki posisi ke-20 di Billboard Hot 100 dan menjuarai Tokyo Pop Festival di tahun 1984. Album berikutnya, Hold Me (1985) tidak sesukses album-album sebelumnya. Lagu andalan album ini yang ditulis oleh Michael Bolton, I Found Someone, hanya menduduki posisi ke-90 di Billboard Hot 100. Album ini lebih dikenang oleh cover version dari hit milik grup asal Jerman Alphaville, Forever Young. Album berikutnya, Touch (1987) kembali mengandalkan cover version, kali ini hit Jennifer Rush yang juga pernah dibawakan Air Supply,  Power of Love, menjadi hit top 40 terakhirnya di Amerika Serikat.

Dua album terakhirnya, Laura Branigan (1990) dan Over My Heart (1993) masih mencetak sukses di luar Amerika Serikat. Branigan menulis tiga lagu untuk album Over My Heart, salah satunya, Didn’t We Almost Win It All, dirilis sebagai single. Sang adik, Billy Branigan, membantu menulis lagu Over You, dan menjadi vokalis latar. Pada video klip Didn’t We Almost Win It All, Billy ikut tampil bersama sang kakak. Setelah rilis album ini, Branigan mengumumkan rehat dari dunia musik untuk merawat suaminya yang mengidap kanker usus, hingga akhirnya meninggal dunia di tahun 1996. Pada tahun 2001, Branigan mengumumkan akan kembali ke dunia musik, namun di tahun 2004 ia didiagnosis menderita aneurism otak, yang akhirnya merenggut nyawanya. Laura Ann Branigan meninggal dunia pada tanggal 26 Agustus 2004 pada usia 47 tahun di New York. RIP.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s