Posted in Musik

Billy Vera, Artis Multitalenta


Naik turunnya karier bermusik seseorang tidak ditentukan oleh bakat dan kerja keras semata, namun juga keberuntungan. Menjadi seorang “one hit wonder” tidaklah selalu memalukan, apalagi jika hit itu terjadi akibat faktor keberuntungan yang dominan. Ambillah contoh seorang artis, musisi, komposer, dan aktor bernama Billy Vera. Terlahir dengan nama William McCord Jr. pada tahun 1944, ia mengawali kariernya sebagai penulis lagu dan vokalis di era 60-an. Salah satu lagunya Storybook Children mungkin cukup familiar di telinga penggemar lagu-lagu nostalgia (oldies). Lagu ini ditulisnya bersama Chip Taylor dan dinyanyikannya bersama vokalis wanita berkulit hitam, Judy Clay dan dirilis pada tahun 1967. Di luar itu, kariernya terhitung datar-datar saja. Di tahun 1979, lagu yang ditulisnya untuk Dolly Parton, I Really Got the Feeling, hanya menjadi sisi B (bonus track) untuk single Baby, I’m Burning. Di luar dugaan, publik lebih menyukai lagu karyanya, dan I Really Got the Feeling memuncaki tangga lagu Billboard Hot Country Singles di bulan Januari 1979.

Memasuki dekade 80-an, Billy bertemu teman lamanya, pemain bass Chuck Fiore. Keduanya sepakat membentuk band yang dinamakan The Beaters. Band ini kemudian dikontrak oleh label rekaman asal Jepang, Alfa Records dengan nama Billy & The Beaters. Album perdana mereka dirilis pad atahun 1981 dan single I Can Take Care of Myself menduduki posisi ke-39 di Billboard Hot 100. Namun, rilis single kedua mereka terganggu saat staf promosi Alfa Records mengundurkan diri. Single kedua mereka, At This Moment, hanya menduduki posisi ke-79. Setahun kemudian Alfa Records menutup operasinya di Amerika Serikat dan Billy & The Beaters pun kehilangan kontrak rekamannya. Band ini masih tampil di klub-klub seputar California. Suatu malam, produser serial televisi Family Ties menyaksikan penampilan mereka yang membawakan lagu At This Moment. Sang produser kemudian menggunakan lagu tersebut untuk salah satu episode di season ke-4 Family Ties. Lagu itu ternyata disukai oleh para penggemar Family Ties, sementara album Billy & The Beaters sudah tidak beredar di pasaran setelah label rekamannya gulung tikar. Billy kemudian menghubungi beberapa label, namun tak satu pun tertarik, sampai akhirnya ia bertemu Richard Foos, pemilik label Rhino Records. Foos setuju untuk mengedarkan ulang At This Moment, yang kemudian menjadi hit nomor satu di Billboard Hot 100 pada akhir Januari 1987  setelah kembali digunakan dalam season kelima Family Ties. Kali ini, nama yang digunakan adalah Billy Vera & The Beaters.

Billy Vera juga menjalani karier sebagai aktor, terutama televisi. Kesuksesan At This Moment membuat Billy Vera & The Beaters tampil dan mengisi oundtrack untuk film Blind Date (1987) yang dibintangi Bruce Wilis dan Kim Basinger. Selain itu, Billy Vera juga dikenal sebagai ahli sejarah musik dan banyak menulis catatan (liner notes) untuk album-album reissue dan boxset. Pada tahun 2013 ia memenangkan Grammy Award untuk Best Album Notes yang ditulisnya untuk Singular Genius: The Complete ABC Singles dari Ray Charles.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s