Piala Dunia dan Musik


Selama bulan Juni – Juli 2018, perhatian para bolamania akan tertuju pada even empat tahunan Piala Dunia FIFA. Diskusi mengenai pertandingan, formasi tim, pemain, pelatih, sampai WAG dan desain kostum mewarnai pergelaran sepak bola (olah raga?) terbesar ini. Namun jangan lupakan satu sisi dari pergelaran empat tahunan ini yaitu musik. Musik dan sepak bola, dan olah raga pada umumnya sudah menjadi dua hal yang tidak terpisahkan. Suporter klub atau negara menggunakan yel-yel, chant, sampai lagu untuk menyemangati timnya saat bertanding. Even olah raga besar seperti Olimpiade dan Piala Dunia FIFA sudah lama memasukkan musik sebagai bagiannya, dalam bentuk lagu/album resmi. Menurut rangkuman di Wikipedia, lagu resmi Piala Dunia FIFA bahkan sudah ada sejak tahun 1962 saat digelar di Chili. Saat itu sebuah lagu berjudul El Rock del Mundial ditetapkan sebagai lagu resmi Piala Dunia FIFA. Lagu itu ditulis oleh Jose Rojas Astorga dan dibawakan oleh band Los Ramblers (The Ramblers dalam Bahasa Inggris).

Selanjutnya, untuk Piala Dunia 1966 sampai 1986 lagu resminya adalah:

  • Inggris 1966: World Cup Willie (ditulis dan dibawakan oleh Lonnie Donegan)
  • Meksiko 1970: Fútbol México 70 (ditulis oleh Roberto do Nascimento, dibawakan oleh Los Hermanos Zavala)
  • Jerman Barat 1974: Futbol, Futbol, Futbol (ditulis oleh Jonasz Kofta dan Leszek Bogdanowicz, dibawakan oleh Maryla Rodowicz)
  • Argentina 1978: El Mundial (ditulis oleh Ennio Moriccone)
  • Spanyol 1982: El Mundial (ditulis oleh Alfredo Garrido dan José Torregrosa, dibawakan oleh Placido Domingo)
  • Meksiko 1986: A Special Kind of Hero (ditulis oleh Nik Kershaw, dibawakan oleh Stephanie Lawrence)

Piala Dunia FIFA 1990 di Italia untuk pertama kalinya(?) menampilkan album resmi Piala Dunia FIFA. Lagu resminya sendiri dirilis dalam dua versi, Bahasa Inggris dan Bahasa Italia. Versi Bahasa Inggris ditulis oleh Giorgio Moroder dan Tom Whitlock dengan judul To Be Number One (Summer 1990) dan dibawakan oleh Giorgio Moroder Project dengan vokalis utama Paul Engemann. Versi Bahasa Italia (liriknya) ditulis dan dibawakan oleh duo artis Italia Edoardo Benatto dan Gianna Nannini dengan judul Un’estate Italiana. Sampai saat ini, bagi Penulis lagu tema Piala Dunia 1990 inilah yang paling berkesan di telinga.

Selanjutnya, saat Piala Dunia FIFA 1994 digelar di Amerika Serikat, dirilislah album resmi Piala Dunia berjudul Gloryland, dengan lagu resmi berjudul sama, ditulis oleh Charlie Skarbek dan Rick Blaskey dan dibawakan oleh Daryl Hall (Hall & Oates) bersama Sounds of Blackness. Berbeda dengan lagu resmi di Piala Dunia sebelumnya (1990), Gloryland lebih terasa seperti lagu hymne yang serius dibanding To Be Number One yang lebih ngepop. Album Gloryland malah menawarkan lagu lawasnya Queen, We Are the Champions, sebagai salah satu lagu unggulan, yang tentu saja sedikit mengecewakan mengingat berjibunnya musisi populer di Amerika Serikat. Untunglah, empat tahun kemudian di Piala Dunia FIFA 1998 penggarapan album musiknya lebih serius, melibatkan banyak musisi dan vokalis dari seluruh dunia, dan hasilnya album resmi Piala Dunia 1998 Allez! Ola! Ole! menjadi album Piala Dunia yang tidak terlupakan. Kali ini ada dua lagu resmi Piala Dunia: Do You Mind If I Play (La Cour Des Grands) yang ditulis oleh Youssou N’Dour, Simon Richmond, Steve Hopwood, dan Jon Sharp serta dibawakan oleh Youssou N’Dour dan Axelle Red sebagai official anthem, serta The Cup of Life (La Copa de La Vida) yang ditulis oleh Desmond Childdan Robi Rosa serta dibawakan oleh Ricky Martin sebagai official song. Dari album Allez! Ola! Ole! Penulis mempunyai satu lagu favorit yaitu Top of the World  (Olé, Olé, Olé) yang dinyanyikan oleh band asal Inggris Chumbawamba. Lagunya sangat simpel, dengan lirik yang straightforward dan tentu saja refrein yang menggelora.

Untuk Piala Dunia selanjutnya, selalu dipilih dua lagu resmi sebagai official anthem dan official song. Berikut ini daftarnya:

  • Korea/Jepang 2002:
    • Official Anthem: Anthem (ditulis oleh Vangelis dan Takkyu Ishino, dibawakan oleh Vangelis)
    • Official Song: Boom! (ditulis oleh Anastacia dan Glenn Ballard, dibawakan oleh Anastacia)
  • Jerman 2006:
    • Official Anthem: Zeit dass sich was dreht (Celebrate The Day) (ditulis oleh Herbert Grönemeyer, dibawakan oleh Herbert Grönemeyer bersama Amadou & Mariam)
    • Official Song: Time of Our Lives (ditulis oleh Jörgen Elofsson dan Steve Mac, dibawakan oleh Il Divo dan Toni Braxton)
  • Afrika Selatan 2010:
    • Official Anthem: Sign of a Victory (ditulis oleh R. Kelly, dibawakan oleh R. Kelly dan Soweto Spiritual Singers)
    • Official Song: Waka Waka (This Time for Africa) (ditulis oleh John Hill, Golden Sound, dan Shakira, dibawakan oleh Shakira dan Freshlyground)
  • Brazil 2014:
    • Official Anthem: Dar um Jeito (We Will Find a Way) (ditulis oleh Alexandre Pires, Arash Pournouri, Rami Yacoub, Carl Falk, Tim Bergling, Arnon Woolfson, Diogo Vianna, dan Wyclef Jean, dibawakan oleh Carlos Santana, Wyclef Jean, Avicii, dan Alexandre Pires)
    • Official Song: We Are One (Ole Ola) (ditulis oleh Armando C. Perez, Thomas Troelsen, Jennifer Lopez, Claudia Leitte, Daniel Murcia, Sia Furler, Lukasz Gottwald, Henry Walter, dan Nadir Khayat, dibawakan oleh Pitbull, Jennifer Lopez, dan Claudia Leitte)
  • Rusia 2018: Live It Up (ditulis oleh Marty James, Will Smith, Jean-Baptiste, Thomas Wesley Pentz, Nick Rivera Caminero, Quavious Marshall, Jocelyn Donald, Clement Picard, Juan Diego Medina Vélez, Maxime Picard, Michael McHenry, dan Era Istrefi, dibawakan oleh Nicky Jam, Will Smith, dan Era Istrefi).

Selain lagu resmi, banyak juga beredar lagu-lagu bertema sepak bola/piala dunia saat berlangsungnya Piala Dunia di luar rilis resmi. Beberapa lagu yang cukup sukses menyaingi popularitas lagu-lagu resmi Piala Dunia di antaranya Carnaval de Paris (ditulis oleh Paul Spencer, Scott Rosser, dan Stephen Spencer, dibawakan oleh Dario G) serta Wavin’ Flag (Coca Cola Celebration Mix) (ditulis oleh K’naan, Bruno Mars, Philip Lawrence, dan Jean Daval, dibawakan oleh K’naan). Nah, manakah lagu Piala Dunia favorit Anda?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s