The Lion (Finally) Sleeps, Tonight


Meskipun bukan lagu terpopuler dari film The Lion King (1994), The Lion Sleeps Tonight menjadi lebih populer dari sebelumnya berkat penampilannya dalam film tersebut. Sederhana, hanya sekitar tiga bait syair ditambah chant dan scatting, lagu ini ternyata berawal dari sebuah studio rekaman di Afrika Selatan, Gallo Studios, pada tahun 1939. Saat itu grup vokal The Original Evening Birds dengan penyanyi dan penulis lagu utamanya, Solomon Linda, merekam album dengan salah satu lagunya yang berjudul Mbube.Solomon Linda dilahirkan di Zulu pada tahun 1909 sebelum pindah ke Johannesburg di tahun 1920-an. Ia buta huruf, namun mempunyai skill untuk merangkai nada dan menulis lagu. Mbube (dalam bahasa Zulu berarti singa) ditulis berdasarkan pengalamannya menggembala ternak dan mengawasinya dari incaran predator, salah satunya singa. Lagu ini berbasis chant “aye mbube” (Akulah singa) dan liriknya berbasis pada frase “mbube zimbe” (singa berhentilah), seolah ia mengusir singa yang hendak memangsa ternak gembalaannya. Album hasil rekaman tersebut sukses, terjual 100.000 kopi di Afrika Selatan, pertama kali hal itu tercapai.

Popularitas Mbube akhirnya mencapai Eropa pada tahun 1940-an ketika Alan Lomax, sejarawan musik, memperdengarkannya untuk musisi folk asal Amerika Serikat, Pete Seeger. Seeger, yang terkesan dengan chant dalam lagu ini (disalahtafsirkan sebagai “wimoweh”), kemudian membuat aransemen baru bersama grupnya, The Weavers. Hasilnya, versi The Weavers dengan judul Wimoweh menembus Top 20 pada tahun 1952. Pencipta lagu ini adalah “Paul Campbell” sebuah nama alias untuk grup The Weavers untuk mendaftarkan hak intelektual lagu-lagu mereka. Pete Seeger, yang semula menyangka Mbube adalah lagu tradisional Afrika Selatan, kemudian menyadari kesalahannya dan sejak itu mengirimkan royalti atas nama pribadinya ke Gallo Studios. Solomon Linda sendiri hanya menerima 10 Shilling untuk menyerahkan hak cipta lagu-lagunya ke Gallo Studios, sebagai kompensasinya ia mendapatkan pekerjaan sebagai tukang sapu dan penyaji minuman teh.

Pada tahun 1961, produser Hugo & Little menugaskan penulis lirik George Alan Weiss untuk menuliskan lirik berbahasa Inggris untuk Wimoweh, dan The Lion Sleeps Tonight pun tercipta. Lagu ini direkam oleh grup vokal The Tokens dan menduduki posisi pertama di tangga lagu Billboard. Setahun kemudian, Solomon Linda meninggal dunia dengan meninggalkan $22 di rekening banknya. Istrinya bahkan tidak bisa membelikan batu nisan untuk kuburannya.Masalah hak cipta lagu ini seolah tenggelam sampai Disney menggunakan lagu ini untuk film The Lion King (1994). Pada tahun 2000, jurnalis Afrika Selatan Rian Malan menulis artikel untuk majalah The Rolling Stone mengenai sejarah lagu ini, dilanjutkan pada tahun 2002 dengan dirilisnya dokumenter The Lion’s Trail oleh sutradara Francois Verster membangkitkan kembali perjuangan mengembalikan hak cipta lagu ini kepada penciptanya, Solomon Linda. Akhirnya di tahun 2006 kesepakatan mengenai royalti lagu ini dicapai,dan keluarga Solomon Linda akhirnya menerima haknya.

Selain oleh The Weavers dan The Tokens, lagu ini juga telah direkam lebih dari 150 kali. Beberapa versi yang terkenal adalah oleh Robert John, Tight Fight (Nomor satu di Inggris pada tahun 1982), Lebo M. (soundtrack The Lion King), R.E.M., Ladysmith Black Mambazzo, dan NSYNC.

THE LION SLEEPS TONIGHT (a.k.a. MBUBE/WIMOWEH)
Song by Solomon Linda, English Lyrics by George Alan Weiss

(African Chant)

(Aye Mbube/Wimoweh…)

In the jungle, the mighty jungle, the lion sleeps tonight
In the jungle, the quiet jungle, the lion sleeps tonight

(Aye Mbube/Wimoweh…)

Near the village, the peaceful village, the lion sleeps tonight
Near the village, the quiet village, the lion sleeps tonight

(Aye Mbube/Wimoweh…)

Hush my darling, don’t fear my darling, the lion sleeps tonight
Hush my darling, don’t fear my darling, the lion sleeps tonight

(Aye Mbube/Wimoweh…)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.