Clivillés + Cole (C+C Music Factory)


Para penggemar musik di luar era 80-an dan 90-an mungkin kurang mengenal C+C Music Factory, namun mungkin sudah pernah mendengar hit terbesar mereka, Gonna Make You Sweat, terutama catchphrasenya …. Everybody Dance Now…! Yep, lagu dan frase tersebut sampai hari ini begitu ikonik, sampai-sampai menenggelamkan artis pelantunnya, apalagi kisah di balik lagu, artis musik, sampai drama perebutan hak cipta yang berlangsung selama bertahun-tahun setelah nama C+C Music Factory menghilang dari perhatian publik.


Semuanya berawal dari pertemuan dua orang musisi/DJ, Robert Clivillés dan David Cole di klub Better Days pada akhir dekade 80-an. Mereka kemudian terlibat di sejumlah proyek musik seperti 2 Puerto Ricans, a Blackman, and a Dominican serta 28th Street Crew. Mereka juga memproduksi lagu dan album untuk girl band Seduction dan The Cover Girls. Selain itu, mereka juga memproduksi lagu untuk vokalis The Weather Girls, Marta Wash dan rapper Freedom Wiliams. Dua nama inilah yang kemudian akan terlibat dalam proyek tersukses mereka, C+C Music Factory. Marta Wash lah yang mengisi vokal dalam lagu Gonna Make You Sweat, termasuk frase ikonik Everybody Dance Now. Namun, dalam video klip lagu ini, yang tampil adalah model/penyanyi Zelma Davis. Marta Wash kemudian mengajukan tuntutan hukum, yang berujung pada pencantuman nama Marta Wash pada kredit video Gonna Make You Sweat. Marta Wash kemudian bergabung secara resmi dengan C+C Music Factory untuk album kedua mereka, Anything Goes! (1994).

Di luar C+C Music Factory, Mereka juga merilis singel A Deeper Love sebagai Clivillés + Cole, yang menduduki posisi ke-15 di Inggris. Mereka juga memproduksi lagu-lagu untuk Mariah Carey, di antaranya Emotions dan Make It Happen. Untuk soundtrack film The Bodyguard (1992), mereka memproduksi lagu I’m Every Woman untuk Whitney Houston dan membentuk The S.O.U.L. S.Y.S.T.E.M. yang merekam lagu It’s Gonna Be a Lovely Day. David Cole meninggal dunia pada tahun 1995, Mariah Carey menulis lagu One Sweet Day bersama Walter Affanasief dan Boyz II Men untuk mengenangnya.

C+C Music Factory tidak lagi aktif setelah kematian David Cole, meskipun sempat comeback di tahun 2010. Rapper Freedom WIlliams yang meninggalkan grup ini setelah sukses album pertamanya, sekarang memegang hak atas nama (trademark) C&C Music Factory, dan sampai sekarang tampil di atas panggung mengatasnamakan C&C Music Factory. Sementara Robert Clivillés sebagai pendiri tidak mendapatkan apa-apa. Ironis memang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.