Meat Loaf (1947 – 2022)


Sembilan bulan sejak meninggalnya musisi Jim Steinman, dunia musik kehilangan vokalis yang identik dengan lagu-lagu karyanya, Michael (terlahir: Marvin) Lee Aday a.k.a. Meat Loaf meninggal dunia pada tanggal 21 Januari 2022. Mendapatkan julukan “Meat Loaf” dari pelatih football-nya semasa SMA, ia mengawali kariernya dalam band Meat Loaf Soul yang kemudian terus berganti-ganti nama (dan personel). Akhirnya, kariernya mulai menanjak setelah bergabung dalam produksi drama musikal Hair di Los Angeles. Ia kemudian membentuk duet bersama penyanyi Shaun Murphy dengan nama Stoney & Meat Loaf yang kemudian merilis album di tahun 1971. Sayangnya, album ini gagal di pasaran dan duet Stoney & Meat Loaf pun tidak bertahan lama. Ia bertemu Jim Steinman saat melakukan audisi untuk produksi drama musikal More Than You Deserve. Mereka mulai menggarap konsep album Bat Out of Hell, namun Meat Loaf kemudian disibukkan oleh kariernya sebagai aktor dalam The Rocky Horror Picture Show dan National Lampoon: Lemmings.

Meat Loaf akhirnya memutuskan untuk lebih berkonsentrasi pada karier musiknya di tahun 1974. Pada awalnya Bat Out of Hell ditolak oleh semua label, hingga mereka bertemu musisi Todd Rundgren yang setuju untuk memproduksi album tersebut. Akhirnya, Bat Out of Hell pun dirilis tahun 1977, itupun tidak langsung meledak di pasaran. Barulah setelah penampilan di beberapa acara televisi dan melakukan pertunjukan live, album ini mulai terjual. Tidak tanggung-tanggung, diperkirakan sampai saat ini telah terjual 43 juta kopi di seluruh dunia. Sayangnya, sukses ini tidak bertahan lama, masalah dengan vokalnya yang menghilang membuat rencana album keduanya yang akan diberi judul Bad for Good pun gagal. Jim Steinman akhirnya mengisi vokalnya sendiri untuk album tersebut. Steinman kembali menulis lagu untuk album berikutnya dari Meat Loaf yang berjudul Dead Ringer (1981), namun konflik dengan pihak label dan juga dengan Meat Loaf membuat kerja sama keduanya berakhir. Popularitas Meat Loaf pun menurun tajam. Album-album berikutnya seperti Midnight at the Lost and Found (1983), Bad Attitude (1984), dan Blind Before I Stop (1986) gagal mengulang sukses kedua album pertamanya meskipun ia mencoba berkolaborasi dengan musisi/produser seperti John Parr dan Frank Farian. Di akhir dekade 80-an, ia hanya mampu tampil di pertunjukan kecil-kecilan sebelum kembali bekerja sama dengan Jim Steinman untuk menggarap album Bat Out of Hell II: Back into Hell (1993). Album ini sukses besar dan mengembalikan statusnya sebagai superstar. Singel I’d Do Anything for Love (But I Won’t Do That) menjadi hit terbesarnya, menduduki posisi pertama di 28 negara termasuk Amerika Serikat dan Inggris dan terjual lebih dari dua juta kopi di seluruh dunia. Lagu ini juga mengantarkannya meraih penghargaan Grammy sebagai penampilan rock solo vokal terbaik.

Meat Loaf masih merilis album hingga yang terakhir di tahun 2016 (Braver Than We Are) yang seluruh lagunya ditulis oleh Jim Steinman, seperti halnya album perdananya (Bat Out of Hell). Album ini menjadi album studio terakhirnya, sekaligus penutup kariernya yang panjang selama lebih dari 50 tahun. Selain sebagai penyanyi, ia juga masih berakting, salah satunya dalam film Fight Club (1999) sebagai Robert Paulson. Selamat Jalan Meat Loaf!

Diskografi:

  • Stoney & Meatloaf (1971)
  • Bat Out of Hell (1977)
  • Dead Ringer (1981)
  • Midnight at the Lost and Found (1983)
  • Bad Attitude (1984)
  • Blind Before I Stop (1986)
  • Bat Out of Hell II: Back Into Hell (1993)
  • Welcome to the Neighborhood (1995)
  • Couldn’t Have Said It Better (2003)
  • Bat Out of Hell III: The Monster Is Loose (2006)
  • Hang Cool Teddy Bear (2010)
  • Hell in a Handbasket (2011)
  • Braver Than We Are (2016)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.