Olivia Newton-John, Long Live Love!


Olivia Newton-John, penyanyi dan aktris film asal Australia baru-baru ini meninggal dunia karena sakit kanker yang dideritanya. Dilahirkan di Inggris pada tanggal 26 September 1948. Ia sekeluarga pindah ke Australia saat berusia enam tahun. Olivia memenangkan kontes menyanyi di acara televisi Sing, Sing, Sing (1965) yang mengantarkannya ke Inggris untuk merekam single perdananya, Till You Say You’ll Be Mine. Ia kemudian membentuk duet Pat and Olivia bersama Pat Carroll sebelum bergabung dalam grup Toomorrow. Grup itu kemudian membintangi film berjudul sama (1970) yang gagal di pasaran, begitupun album soundtracknya. Tak lama kemudian, Toomorrow pun bubar.

Album solo perdananya, If Not for You dirilis pada tahun 1971, dengan hit single berjudul sama yang ditulis oleh Bob Dylan berhasil menduduki posisi ke-25 di tangga lagu Billboard. Setelah album keduanya, Olivia (1972) tidak terlalu berhasil mencetak hit, di tahun 1973 ia berhasil mencetak hit top 10 pertamanya, Let Me Be There yang juga mengantarkannya meraih penghargaan Grammy untuk penampilan country wanita terbaik. Di tahun 1974 ia mengikuti kontes Eurovision mewakili Inggris dengan membawakan lagu berjudul Long Live Love. Olivia akhirnya menduduki posisi keempat dalam kontes tersebut, di bawah sang juara asal Swedia, ABBA, dengan lagu Waterloo. Single selanjutnya, I Honestly Love You, menjadi hit terbesarnya pada saat itu, menduduki posisi pertama di tangga lagu BIllboard dan memenangkan dua penghargaan Grammy: rekaman terbaik dan penampilan pop wanita terbaik. Ia juga terpilih sebagai vokalis wanita terbaik dalam Country Music Award mengalahkan Loretta Lynn, Dolly Parton, Tanya Tucker, dan Anne Murray. Kemenangannya ini menimbulkan kontroversi karena artis country umumnya berbasis di Nashville, Amerika Serikat. Dua albumnya If You Love Me, Let Me Know dan Have You Never Been Mellow secara beruntun menduduki posisi pertama di Billboard 200.

Namun demikian, sukses terbesarnya datang dari dunia film ketika ia terpilih membintangi film musikal Grease (1978) bersama John Travolta. Olivia yang berusia 29 tahun saat itu merasa ragu-ragu karena harus berperan sebagai anak SMA. Grease menjadi film terlaris tahun 1978 dan album soundtracknya terjual hingga 28 juta kopi. Sejumlah hit dari album soundtrack Grease antara lain: You’re the One That I Want dan Summer Nights (berduet dengan John Travolta) serta Hopelessly Devoted to You, yang dinominasikan dalam ajang penghargaan Oscar. Popularitas Grease masih bertahan hingga kini dan Olivia sendiri tidak mampu menyamai kesuksesan perannya di film ini. Sejumlah film yang kemudian ia bintangi seperti Xanadu (1980) dan Two of a Kind (1983) gagal di pasaran meskipun album soundtracknya mampu mencetak hit-hit seperti Magic dan Xanadu (dari film Xanadu) serta Twist of Fate (dari film Two of a Kind).

Seperti perannya dalam film Grease yang mengubah penampilannya dari gadis baik-baik menjadi gadis “metal”, Olivia mengubah imagenya untuk album berikutnya, Physical (1981). Lagu berjudul sama dari album itu menjadi hit tersuksesnya, menduduki posisi pertama di tangga lagu Billboard selama 10 pekan. Dalam musik video dan sampul albumnya Olivia tampil dengan potongan rambut pendek dan kostum fitness lengkap dengan headband yang menjadi trend pada saat itu. Setelah itu, kariernya mulai menurun setelah menikah dan melahirkan putri tunggalnya, Chloe, disusul penyakit kanker yang dideritanya sejak tahun 1992. Pada tahun 2017, penyakit kankernya kambuh hingga akhirnya ia meninggal pada tanggal 8 Agustus 2022. Selamat jalan, Olivia Newton-John, rest in peace.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.