Christine McVie (1943 – 2022), Bye Bye Songbird!


Terlahir dengan nama Christine Perfect pada 12 Juli 1943, namanya mulai dikenal saat tergabubg di grup blues Chicken Shack bersama Stan Webb, Andy Silvester, dan Alan Morley. Mereka mencetak hit dengan lagu I’d Rather Go Blind yang dipopulerkan oleh Etta James yang menduduki posisi 14 di tangga lagu Inggris. Christine kemudian bertemu dengan bassis band Fleetwood Mac, John McVie. Keduanya menikah pada tahun 1969 dan Christine pun meninggalkan Chicken Shack untuk bergabung dengan Fleetwood Mac.

Saat ia bergabung dengan Fleetwood Mac, band ini tengah mengalami masa transisi pasca hengkangnya pendiri, gitaris utama dan frontman Peter Green. Akhirnya Christine, John, dan Drummer Mick Fleetwood memilih hijrah ke Amerika Serikat dan kemudian merekrut duo musisi/vokalis/komposer Lindsey Buckingham dan Stevie Nicks yang baru saja merilis album duet Buckingham-Nicks. Ternyata, formasi baru Fleetwood Mac ini mencetak sukses besar, dimulai dari album Fleetwood Mac (1975) yang melahirkan hit seperti Rhiannon, Landslide dan dua hit yang ditulis Christine, Over My Head dan Say You Love Me. Yang terjadi kemudian adalah chaos, saat Christine bercerai dengan John, meskipun ia masih dikenal dengan nama Christine McVie sampai akhir hayatnya. Hubungan asmara Lindsey Buckingham dan Stevie Nicks juga berakhir dan mengubah dinamika band. Album selanjutnya, Rumours (1977) mencerminkan dinamika tersebut, menjadi album signature mereka, terjual lebih dari 20 juta kopi dan memenangkan penghargaan Grammy Award untuk album terbaik. Christine menulis sejumlah lagu dalam album ini seperti You Make Loving Fun, Don’t Stop dan Songbird.

Christine juga menulis sejumlah hit lain untuk Fleetwood Mac seperti Hold Me, Little Lies, dan Everywhere. Ia juga merilis sejumlah album solo dan sempat mencetak hit Top 10 Got a Hold on Me. Ia meninggalkan Fleetwood Mac di tahun 1998 setelah merilis album live The Dance. Ia bergabung kembali di tahun 2015 dan merilis album duet bersama Lindsey Buckingham di tahun 2017. Christine McVie meninggal dunia pada 30 November 2022 karena sakit. Rest in Peace, songbird!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.