Posted in Musik

From Sheriff to Alias: A Tale of Two One-Hit-Wonders


Bicara tentang one-hit-wonders memang mengasyikkan. Kali ini satu lagi kisah unik mengenai buka hanya satu, tapi dua band yang tergolong one-hit-wonder dalam kurun waktu akhir 80-an sampai awal 90-an. Banyak di antara kita yang kurang mengenal band asal Kanada bernama Sheriff, namun tentunya bagi penggemar musik tahun 90-an dan lagu-lagu slow rock (power ballad) tentu mengenal grup bernama Alias, yang terkenal dengan hit More than Words Can Say. Ya, ternyata kedua band ini mempunyai hubungan sejarah yang unik.

Sheriff dibentuk tahun 1979 di Toronto dan beranggotakan Freddy Curci (vokal), Steve DeMarchi (gitar), Arnold Lanni (kibor), Wolf Hassel (bass), dan Rob Elliott (drum).  Di tahun 1982, mereka merilis album Sheriff di bawah label Capitol. Album ini melahirkan hit You Remind Me dan When I’m with You (nomor 1 Kanada dan nomor 61 Billboard Hot 100). Di tahun 1985, band ini bubar karena konflik internal. Lanni dan Hassel kemudian membentuk band Frozen Ghost (1985-1993). Di tahun 1988, seorang DJ di Las Vegas mulai memainkan kembali lagu When I’m with You, dan mendpat sambutan positif dari pendengar. Capitol kemudian merilis ulang singel ini, dan secara mengejutkan berhasil menduduki posisi puncak Billboard Hot 100 di awal Februari 1989. Singel ini juga merupakan satu dari sedikit lagu yang berhasil menduduki posisi puncak Billboard Hot 100 tanpa didukung video klip promo di era MTV. Sebuah anekdot mengatakan bahwa Freddy Curci tengah bekerja di sebuah restoran pizza saat lagu ini menjadi nomor satu di Amerika.

Freddy Curci dan Steve DeMarchi terinspirasi oleh kesuksesan ini mencoba membangkitkan kembali band Sheriff, namun ketiga personel lain kurang berminat. Akhirnya, Curci dan DeMarchi mendekati tiga mantan personel grup rock asal Kanada lainnya, Heart: Roger Fisher, Mike Derosier, dan Steve Fossen. Bersama mereka membentuk grup bernama Alias. Debut album mereka, Alias, dirilis tahun 1990 dengan hit More than Words Can Say yang menduduki posisi kedua di Bilboard Hot 100. Tak lama setelah itu, band ini bubar. Di tahun 2009, Curci dan DeMarchi mencoba kembali membangkitkan Alias dengan personel baru, merilis album kedua yang berjudul Never Say Never. Album ini sudah mulai direkam sejak tahun 1992 namun batal dirilis.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s